Polling: 50 Persen Warga AS Malu Jika Trump Jadi Presiden

Willy Haryono    •    Kamis, 24 Dec 2015 11:39 WIB
donald trump
Polling: 50 Persen Warga AS Malu Jika Trump Jadi Presiden
Kandidat capres AS Donald Trump dalam acara debat di Las Vegas, Nevada, 15 Desember 2015. (Foto: AFP/ROBYN BECK)

Metrotvnews.com, Washington: Sebuah polling dari Universitas Quinnipiac menunjukkan bahwa kandidat calon presiden Donald Trump tidak terlalu populer seperti yang banyak orang kira. 

Dalam hasil polling Quinnipiac, seperti dikutip MIC, belum lama ini, ternyata 50 persen pemilih terdaftar di Amerika Serikat akan merasa malu jika Trump menjadi presiden.

Sementara sekitar 23 persen dari warga AS akan merasa bangga jika sang pengusaha real estate yang diusung Partai Republik itu menjadi orang nomor satu di Negeri Paman Sam. 

Quinnipiac juga melakukan survei respon warga terhadap kandidat capres terdepan dari Partai Demokrat, Hillary Clinton. Sebanyak 35 persen warga mengaku akan malu jika Clinton menjadi presiden; 33 persen lainnya mengaku bangga. 

Polling Quinnipiac juga menunjukkan pendukung Republik belum sepenuhnya mendukung Trump. Sebanyak 28 persen pendukung Republik mengatakan mereka "tidak akan pernah mendukung" Trump sebagai capres. 

Keakuratan polling ini konsisten dengan sejumlah capres Republik yang mengkritik serangkaian komentar kontroversial Trump, seperti wacana melarang semua Muslim untuk masuk ke AS.


(WIL)