Libur Akhir Tahun, Okupansi Hotel di Semarang 90 Persen

Dhana Kencana    •    Kamis, 24 Dec 2015 12:15 WIB
natal dan tahun baru
Libur Akhir Tahun, Okupansi Hotel di Semarang 90 Persen
Foto: Suasana reservasi di salah satu hotel di Semarang, Jawa Tengah/MTVN_Dhana Kencana

Metrotvnews.com, Semarang: Sejumlah hotel di Kota Semarang, Jawa Tengah, kembali mengecap manisnya liburan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016. Tingkat hunian memasuki masa liburan akhir tahun ini melonjak hingga 90 persen.

Assistant Public Relation Manager Hotel Aston Semarang Amanda Rosalina Ardine mengatakan, pemesanan kamar untuk Natal dan Tahun Baru sudah diatas 90 persen. Tingkat hunian dari 156 kamar yang tersedia hampir penuh.

"Untuk hari ini 24 Desember dan 25 Desember kamar sudah penuh. Ada hanya beberapa saja dan untuk tipe tertentu. Kalau untuk Tahun Baru, jenis kamar superior sudah habis dipesan untuk 31 Desember dan 1 Januari," kata Amanda Rosalina Ardine saat dihubungi Metrotvnews.com, di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (24/12/2015).

Sebagian besar tamu yang menginap di hotel berlokasi di Jalan MT Haryono, Sayangan, itu hendak menghabiskan masa liburan di Kota Semarang. "Kebanyakan dari Jakarta," ujar dia.

Harga kamar di Aston Semarang sendiri untuk Natal tidak ada kenaikan. Sedangkan untuk Tahun Baru dipatok dengan harga Rp 1,4 juta dengan bersama dengan paket perayaan tahun baru, yang mengusung tema Hawaian Beach.

Sama halnya dengan Hotel @HOM, Jalan Pandanaran, Semarang. Meski banjir pesanan, hotel ini tak menaikkan harga sewa kamar. Hotel @HOM Semarang hanya menaikkan harga kamar pada saat malam pergantian tahun. Sales Executive and Promotion @HOM Semarang Christanti Putri mengatakan, bahwa okupansi hotel sudah mencapai 90 persen dari 121 kamar yang tersedia.

"Tema kita untuk Tahun Baru Treasure Hunt with Colorfull dengan konsep family fun dan promo kamarnya dibuka dengan harga mulai Rp700 ribu atau naik kurang lebih 40 persen dari harga normal. Sama dengan Tahun Baru sebelumnya, okupansi kami diprediksi mencapai 100 persen karena lokasi hotel kami yang dekat di Simpang Lima, jadi pilihan tersendiri saat perayaan Tahun Baru," kata Putri.

Okupansi di Hotel Novotel Semarang juga sudah di atas 90 persen untuk masa liburan kali ini. Untuk tipe kamar standar dengan harga mencapai Rp1 juta, dari harga normal Rp750 ribu.

"Rata-rata sudah pesan satu minggu yang lalu. 174 kamar kita saat ini di atas 90 persen okupansinya. Memang ada harga khusus untuk Natal dan Tahun Baru," kata Public Relations Officer Hotel Novotel Semarang, Juwita Maharani Sasongko.


(TTD)