Serangan Suhu Dingin di AS dan Kanada Bisa Mematikan

- 07 Januari 2014 01:40 wib
dok foxnews.com/BD
dok foxnews.com/BD

Metrotvnews.com, Jakarta: Warga di beberapa negara bagian Amerika Serikat menghadapi potensi rekor suhu terendah yang bisa mengancam nyawa mereka. Badai musim dingin telah menyelimuti wilayah Kanada dan bagian utara dan timur AS hingga membuat ketebalan salju mencapai 60 centimeter.

Temperatur suhu diperkirakan akan mencapai minus 24 derajat celisus dan tingkat kedinginan angin bisa turun menjadi minus 65 derajat celsius di beberapa kota dan negara bagian. Badan Cuaca Nasional (NSW) menggambarkan dengan level cuaca seburuk itu akan mampu membekukan daging dalam beberapa menit. Badan tersebut menyatakan bahwa warga AS akan mengalami suhu terdingin dalam kurun 20 tahun terakhir.

"Ini pertama kalinya kami telah menggunakan kata-kata 'situasi yang sangat berbahaya' (PDS) ditambah dengan Peringatan Tingkat Kedinginan Udara (Wind Chill Warning)," ungkap NWS dalam pernyataannya di akun Twitter, Minggu (5/1) waktu setempat.

"Temperatur paling dingin akan menyebar ke wilayah timur dan bagian tengah AS. Disertai angin kencang, keadaan temperatur tersebut bisa mengancam jiwa,” jelas NWS lagi.

Kepala ahli meteorologi untu Capital Weather Gang, Jason Samenow, mengatakan sebuah petak besar wilayah AS berada dalam cengkeraman udara dingin yang berasal dari wilayah utara, yang dikenal sebagai pusaran kutub, yang akan membawa beberapa suhu terendah dalam beberapa dekade.

Gubernur Negara Bagian Minnesota, Mark Dayton, telah memerinthakan penutupan kegiatan sekolah dan taman rekreasi di seluruh wilayah negara bagian. Dia menghimbau warga untuk tetap tinggal di rumah guna menghundari kemungkinan paling buruk.

Cuaca buruk yang melanda AS belakangan telah menyebabkan 16 orang meninggal dalam beberapa hari terakhir dan pembatalan lebih dari 3.700 penerbangan akhir pekan ini. Sekolah di Chicago di tutup dan pejabat memberitahu orang-orang untuk tinggal di dalam rumah pada hari Senin.

(Haufan Hasyim SalengkeBBC/Reuters/CNN)

()

MESKI sudah tercapai kata islah atau damai, namun kubu Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suryadharma…