Semburan Abu Vulkanik Merapi Tak Ganggu Aktifitas Bandara

- 10 Maret 2014 11:06 wib
Arah sebaran abu Merapi pagi ini. (foto: BPPTKG).
Arah sebaran abu Merapi pagi ini. (foto: BPPTKG).

Metrotvnews.com, Magelang. Abu vulkanik kembali menyembur dari puncak Gunung Merapi pagi ini. Angin menghembuskannya ke arah timur laut sehingga tidak mempengaruhi aktifitas dua bandara di sekitarnya.

Berdasar data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), semburan abu vulkanik terjadi pada sekitar pukul 07.10 WIB, Senin (10/3/2014). Ketinggian abu mencapai ketinggian 1,5 kilometer dari kawah.

Pada saat kejadian angin berhembus ke arah timur laut. Sehingga daerah yang terkena sebaran hujan abu adalah Boyolali dan Klaten.

Surakarta dan Yogyakarta yang masing-masing berada di tenggara dan barat Merapi, masih aman dari hujan abu. Sehingga aktifitas Bandara Adisumarmo dan Adisutjipto di dua kota tersebut juga tidak terganggu.

Semburan abu hanya terjadi satu kali, tidak tercatat adanya semburan susulan atau aktivitas vulkanik. Para pendaki diminta tidak mendekati puncak Merapi untuk sementara waktu.

Warga masyarakat juga diminta tidak beraktifitas dalam radius 1 kilometer dari puncak. Meski demikian tidak perlu panik dan tetap menyiapkan masker dan kacamata untuk antisipasi hujan abu.

 

()

POLITIK
HUKUM
METRO

Dibalik Pilar Konstitusi (7)

28 Agustus 2014 21:59 wib

Mata Najwa, Kamis (28/08/2014): Mata Najwa episode kali ini membahas tema 'Dibalik Pilar Konstitusi'. Hadir di Mata Najwa kali ini Ketua Mahkamah Konstitusi, Hamdan Zoelva.