DKI Jakarta

Jakarta Mau Kebutahan Pangan dari Barat Indonesia Diolah di Lampung

Desi Angriani    •    Jumat, 14 Mar 2014 14:14 WIB
dki jakarta
Jakarta Mau Kebutahan Pangan dari Barat Indonesia Diolah di Lampung
ANT-Jokowi

Metrotvnews.com, Jakarta: DKI Jakarta dan Provinsi Lampung mengikat kerja sama terkait penyediaan kebutuhan pangan di Ibu Kota. Ke depan, hasil pertanian dari barat Indonesia, tak bisa langsung masuk Jakarta. Tapi, harus mampir dahulu ke Lampung.

"Kita bangun Pusat Distribusi Agro. Artinya, Lampung langsung ke DKI. Tidak ada lagi kiriman dari Barat. Dicegat dulu di Lampung. Di sana diolah, baru masuk ke DKI," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo usai meneken kerja sama penyediaan pangan dengan Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P., di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (14/3).

Bekas Wali Kota Solo yang akrab disapa Jokowi itu mengatakan, kerja sama dilakukan demi mengurangi sampah yang makin terus menumpuk di Ibu Kota. Juga mendukung pertanian dan pangan yang tumbuh subur di Lampung.

"Jadi, nanti sapi yang dikirim sudah jadi daging. Semua sudah jadi bahan siap pakai. Bayangkan, kalau kelapa dibawa sama sabut-sabutnya, nanti bikin sampah lagi di Jakarta. (Nanti) Jadi praktis," terang Jokowi.

Jokowi tak menampik, kalau semua kiriman sudah bersih dan jadi akan memengaruhi harga. Nah, ia berjanji akan mengawasi kenaikan itu. "Harga akan naik pastinya. Cuma kita sudah mendapat packaging bahan pangan yang baik," ujar Jokowi.

Sjachroedin seiya sekata dengan Jokowi. Menurut ia, Pemrov Lampung akan membantu mengurangi beban DKI. "Lampung adalah pintu gerbang Sumatra. Tapi, selama ini, seperti tidak pernah ada manfaatnya," kata Sjachroedin.


(ICH)