Perpustakaan Australia Koleksi Ratusan Buku Indonesia Setiap Bulan

   •    Jumat, 28 Mar 2014 10:34 WIB
perpustakaan
Perpustakaan Australia Koleksi Ratusan Buku Indonesia Setiap Bulan
AP Photo/Orlin Wagner

Metrotvnews.com, Canberra: Perpustakaan Nasional Australia ternyata selama ini secara rutin membeli dan mengumpulkan buku-buku dari Indonesia setiap bulannya. Tujuan utamanya, memperdalam riset tentang masalah-masalah kontemporer di Indonesia.

"Buku yang dikumpulkan bisa lebih dari 200 judul tiap bulan. Pekerjaan dilakukan melalui kantor regional di Jakarta. Ini merupakan bagian dari Indonesian Acquisition Program," ujar Tieke Atikah selaku pimpinan bagian koleksi Indonesia di National Library of Australia kepada Media Indonesia di Canberra, Kamis (27/3/2014) sore.

Perpustakaan Nasional Australia telah mengoleksi material dari Indonesia sejak pertengahan 1950-an. Unit Indonesia sendiri berdiri pada 1971 dan sudah memiliki lebih dari 200 ribu monograf, 250 jenis surat kabar, 5.000 judul serial buku serta ribuan bahan informasi lain dalam bentuk gulungan mikrofilm, peta, dan lainnya.

Fokus koleksi terutama pada buku ilmu pengetahuan sosial dan kemanusiaan, politik dan pemerintahan, studi pembangunan, kebijakan ekonomi dan hukum. Material lainnya terkait data statistik dari provinsi dan daerah-daerah di Indonesia. Perpustakaan itu pun sudah mendesain situs web khusus yang mengumpulkan bahan-bahan dari situs internet Indonesia.

Tieke menjelaskan Perpustakaan Nasional Australia juga sudah mengumpulkan material yang terkait dengan pemilu di Indonesia sejak 2004. (Mochamad Anwar Surachman)


(PRI)