Mahasiswa UNY Temukan Enam Kupu-Kupu Spesies Baru

Agus Utantoro    •    Selasa, 15 Apr 2014 14:36 WIB
penelitian
Mahasiswa UNY Temukan Enam Kupu-Kupu Spesies Baru
MI/SAFIR MAKKI

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil menemukan enam kupu-kupu spesies baru. Keenam spesies baru itu ditemukan saat para mahasiswa melakukan penelitian di Pulau Nusa Kambangan, Jawa Tengah.

Ketua Tim Peneliti Dwi Arumsari menjelaskan keenam spesies baru itu akan diberi nama yang terkait dengan nama-nama anggota tim. "Kami berencana memberi nama keenam spesies tersebut Elymnias aruma, Danaus aziza, Danaus bellae, Chetosia ananda, Mycaelesis galaya, dan Melanistis kurniae," katanya.

Dalam penelitian itu, ujarnya, tim menemukan 36 jenis kupu-kupu atau lepidoptera. Dari 36 jenis itu, lanjutnya 30 jenis berhasil diidentifikasi. Ditambahkan, selama penelitian, tim UNY juga mendapati spesies yang masuk daftar merah (redlist) yakni troides Helena dan troides Hypolitus. "Kedua spesies itu dilindungi oleh dunia karena nyaris punah," ujarnya.

Tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Penelitian itu beranggotakan Kurnia Cahyani, Violeta Bella Sandyra, Muhammad Anand Ardhiansyah, dan Aziz Purnomosidi. (Agus Utantoro)


(PRI)