Maju Cawapres, Hatta Rajasa Mengundurkan Diri dari Menteri

Emir Chairullah    •    Selasa, 13 May 2014 11:39 WIB
pemilu 2014
Maju Cawapres, Hatta Rajasa Mengundurkan Diri dari Menteri
Menko Perekonomian Hatta Rajasa/ANT/Widodo S. Jusuf.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya untuk maju sebagai calon wakil presiden pada Pemilu Presiden 2014. Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha menyebutkan, UU No. 42/2008 tentang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden mengharuskan pejabat negara atau menteri aktif harus mundur bila mana mencalonkan presiden atau wakil presiden.

"Bilamana Pak Hatta secara resmi dicalonkan parpol atau dideklarasikan pencalonan bersama Prabowo Subianto, dengan sendirinya harus mundur," kata Julian Aldrin Pasha di Istana Negara, Jakarta, Selasa (13/5/2014).

Kemarin, Hatta yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini mengakui apabila partainya sudah menetapkan Partai Gerindra sebagai mitra koalisinya untuk maju ke Pilpres 2014. Hatta juga memberi sinyal dirinya bakal menjadi cawapres mendampingi capres Gerindra Prabowo. Penetapannya bakal dilakukan dalam Rapimnas PAN yang berlangsung Rabu (14/5/2014) besok.

Julian mengaku belum mengetahui detail rencana pengunduran Hatta. Rencananya, Hatta bersama dengan Prabowo bakal bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sore ini. "Nanti kia dengarkan penjelasan Pak Hatta. Pertemuannya sendiri belum dimulai. Masa saya menjelaskan yang belum ada," ujarnya.

Sementara untuk calon presiden PDI Perjuangan, Partai NasDem dan Partai Kebangkitan Bangsa, Joko Widodo yang saat ini menjabat Gubernur DKI, Julian menyebutkan, Jokowi tidak harus mundur dari jabatannya.

"Hanya berdasarkan etika pemerintahan, kepala daerah mengajukan izin kepada presiden untuk menyatakan yang bersangkutan diajukan sebagai calon presiden oleh parpol," kata Julian.


(DOR)