Teror Bom Guncang China, 31 Tewas

Fitra Iskandar    •    Kamis, 22 May 2014 13:37 WIB
china
Teror Bom Guncang China, 31 Tewas
Militer China memasuki Urumqi.(foto:AFP)

Metrotvnews.com, Xinjiang: Teror bom mengguncang Xinjiang. Sedikitnya 31 orang tewas terakibat peristiwa tersebut. Aksi kekerasan ini merupakan yang terburuk selama pertikaian berdarah di daerah otonomi yang dihuni mayoritas suku Uighur itu.

Xinhua melaporkan, serangan tersebut terjadi di sebuah pasar di Renmin Park di Kota Urumqi, Kamis pagi 22 Mei 2014. Pelaku melancarkan serangan brutal itu dengan melemparkan bom tersebut dari jendela mobil. Saksi mata mengatakan ledakan terdengar berkali-kali. Dia memperkirakan jumlahnya lebih dari 12 kali.  Bom-bom tersebut membuat sebuah kendaraan meledak, sehingga Selain 31 orang tewas, 90 lain luka-luka.
 
"Dua kendaraan menerobos dengan kencang ke area pasar, tentu banyak yang tewas," ujar seorang saksi mata."Orang-orang di Pasar panik, mereka berlarian menyelamatkan diri. Ini pasti aksi teroris. Saya sangat marah," ujarnya.

Selama bertahun-tahun Xinjiang dibekap aksi kekerasan. Kelompok aktivis kanan menuduh, kebijakan tangan besi pemerintah di wilayah itu lah yang memicu merebaknya kekerasan. April lalu, Urumqi juga diguncang bom yang diletakkan di stasiun setempat.Tiga orang tewas, termasuk dua pelaku.97 lain terluka.

Selama ini, pemerintah China menuding kelompok muslim Uighur bertanggung jawab atas serangkaian aksi teror penyerangan dengan pisau dan bom di daerah otonomi yang berada di barat laut China itu. Xinjiang mayoritas dihuni suku Uighur yang beragama Islam.  


(FIT)