Mentan Sayangkan Pernyataan Adik Prabowo

Renatha Swasty    •    Rabu, 04 Jun 2014 20:14 WIB
politik
Mentan Sayangkan Pernyataan Adik Prabowo
(Antara)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pertanian Suswono menyayangkan pernyataan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo. Sebab, Adik calon presiden Prabowo Subianto itu menyebut Suswono telah memecat pegawai yang beragama Kristen di kementeriannya.

"Ini sekaligus saja saya klarifikasi ya, saya tentu menyayangkan betul seorang pak Hashim ini begitu, mudahnya mendapatkan informasi yang salah. Saya kira ini jelas salah, tidak ada pemecatan sebagaimana dikatakan pak Haskim" kata Suswono usai bersaksi untuk terdakwa Anggoro Widjojo di Pengadilan Tipikor, Jl. Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (4/6/2014).

Menurut politikus PKS itu, dia selalu mencari orang sesuai kompetensi dan bukan melalui latar belakang. Karena itu, kata Suswono, ia menyayangkan adik kandung Prabowo itu tidak mendapat informasi yang sebenarnya.

"Saya tidak pernah lihat Kristen atau Islam. Tidak pernah lihat agama, tidak pernah lihat jilbab atau tidak, nggak ada" tegas dia.

Pernyataan Suswono itu terkait sebuah video di situs YouTube yang menampilkan Hashim dalam acara The United States-Indonesia (Usindo) Society Washington Special Open Forum Luncheon yang diadakan di Washington DC, Amerika Serikat, pada 17 Juli 2013.

Dalam video termuat dua hal. Pertama pemecatan pegawai di Kementerian Pertanian yang dikuasai kader Partai Keadilan Sejahtera dalam kurun waktu sembilan tahun terakhir. Kedua, berisi pernyataan Hashim yang menekankan bahwa Prabowo pro-Amerika.

Mengenai pemecatan pegawai Kementan, di video itu Hashim menyebut ada 73 pegawai, yang kemarin dikoreksinya menjadi 76 orang, yang dipecat karena beragama tertentu. Menurut Hashim, tindakan diskriminatif itu tidak bisa ditoleransi.


(TII)