Lukman Hakim Saifuddin Resmi Jabat Menteri Agama

   •    Senin, 09 Jun 2014 11:50 WIB
menteri kib ii
Lukman Hakim Saifuddin Resmi Jabat Menteri Agama
Presiden SBY menerima Wakil Ketua Umum PPP yang juga calon menteri agama Lukman Hakim Saifuddin di Nongsa Point Marina and Resort, Batam, Kepri, Rabu (5/6/2014).siang Foto: www.presidenri.go.id/Intan

Metrotvnews.com, Jakarta: Lukman Hakim Saifuddin resmi menjabat Menteri Agama menggantikan Suryadharma Ali. Ia akan menjabat hingga berakhirnya periode Kabinet Indonesia Bersatu II.

Lukman dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Senin (9/6/2014) pukul 10.00 WIB tadi. Pengangkatan putra mantan Menteri Agama Saifuddin Zuhri itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 54/P/2014. Keppres tersebut disahkan di Jakarta pada 4 Juni 2014.

Usai pembacaan Keppres, Presiden SBY meminta kepada Menag yang baru untuk mengikuti pembacaan sumpah. "Bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini langsung ataupun tidak langsung, dengan nama atau dalih apapun, tiada memberikan atau menjanjikan atau akan memberikan sesuatu kepada siapapun juga. Bahwa saya untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatan ini tiada sekali-kali menerima dari siapapun juga langsung ataupun tidak langsung sesuatu janji atau pemberian," kata Presiden yang diikuti oleh Lukman Hakim Saifuddin, sebagaimana dikutip dari laman www.presidenri.go.id.

Lukman Hakim Saifuddin adalah Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dari Fraksi Persatuan Pembangunan. Ia menggantikan Suryadharma Ali yang mengundurkan diri karena ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi penyelenggaraan haji tahun 2012-2013.


(JRI)