Jika Jadi Tersangka, Abraham Sesalkan Jero Wacik Langgar Komitmen Anti Korupsi

Mufti Sholih    •    Selasa, 02 Sep 2014 17:12 WIB
jero wacik
Jika Jadi Tersangka, Abraham Sesalkan Jero Wacik Langgar Komitmen Anti Korupsi
Foto: Antara/Wahyu Putro A

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua KPK Abraham Samad menyesalkan Menteri Jero Wacik tersandung kasus korupsi. Pasalnya, Jero merupakan pihak yang sempat menandatangani pakta integritas anti korupsi sebelum menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Kabinet Indonesia Bersatu II.

"Ya itulah kalau menurut saya pakta komitmen sebagai serimonial belaka," kata Abraham di Gedung BPKP Pusat, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Selasa (2/9/2014).

Abraham menyebut, jika memang Jero berkomitmen memberantas korupsi, sang menteri harusnya bisa mewujudkan komitmen tersebut dalam tindakannya.

"Itu sebenarnya pakta integritas komitmen itu harus bisa diwujudkan dalam perilaku sebenarnya. Orang bisa menilai dong apa yang sudah menjadi komitmen," jelas dia." tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Bambang Widojanto mengatakan pihaknya sudah merampungkan ekspose atau gelar perkara sehingga penetapan status Jero Wacik bisa dilakukan pekan ini.

“Ekspose Jero Wacik sudah dilakukan dan penetapan statusnya minggu ini,” ujar Bambang saat ditemui di Bandung, Selasa (2/9/2014).

Seperti diketahui, Jero Wacik telah beberapa kali diperiksa KPK sebagai saksi terkait penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi proyek pengadaan di Kementerian ESDM. Kasus ini merupakan pengembangan dari penyidikan kasus dugaan korupsi kegiatan sosialisasi, sepeda sehat dan perawatan gedung Sekretariat Jenderal ESDM dengan tersangka mantan Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Waryono Karno.

Saat ini, Waryono menjadi tersangka dua kasus di KPK, yaitu kasus dugaan penerimaan gratifikasi dan juga kasus dugaan korupsi penggunaan anggaran dana Kesetjenan di Kementerian ESDM berupa sosialisasi, sepeda sehat, dan perawatan gedung sekretariat ESDM, yang diduga merugikan negara hingga Rp25 miliar.


(LOV)

Yosef Sumartono Mengaku Tak Mengenal Setya Novanto

Yosef Sumartono Mengaku Tak Mengenal Setya Novanto

14 hours Ago

KPK memeriksa Mantan Staf Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dal…

BERITA LAINNYA