Usul Presiden Dipilih MPR, Politikus PAN Ogah Dikaitkan ke KMP

M Rodhi Aulia    •    Selasa, 30 Sep 2014 20:00 WIB
pilpres 2014
Usul Presiden Dipilih MPR, Politikus PAN Ogah Dikaitkan ke KMP

Metrotvnews.com, Jakarta: Politikus dari Partai Amanat Nasional (PAN) Herman Kadir usul agar pemilihan presiden diserahkan kepada MPR. Usulnya tersebut bukan ide dari Koalisi Merah Putih dan tak perlu dikait-kaitkan. 

"Itu kan pemikiran saya pribadi,  sebagai anggota DPR dan tim perumus tatib MPR RI. Saya gak mau dikait-kaitkan dengan Koalisi Merah Putih," tegas Herman Kadir.

"Saya mempunyai pemikiran, bahwa ada amandemen UUD 1945 salah satunya, Pilpres dikembalikan kepada MPR," sambungnya di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Selasa, (30/9/2014).

Pertimbangannya atas usulan tersebut, lebih kepada ketidaksiapan Indonesia untuk mengadopsi sistem Demokrasi ala Amerika Serikat. Dia mencontohkan, Pilpres 2014 lalu, menimbulkan fenomena keterbelahan masyarakat Indonesia yang begitu dahsyat.

Menurutnya, Indonesia lebih layak untuk menggunakan sistem Demokrasi Pancasila, dimana esensinya adalah perwakilan.

"Bung Karno, dengan rumusan mengatakan sila ke 4, ideologi Pancasila mengatakan bahwa kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Itu berarti apa? Kenapa Bung Karno mengutip ini? Pidato Bung Karno tanggal 1 Juni, Demokrasi Indonesia adalah Demokrasi Pancasila," tukas Herman.

"Dan itulah yang tepat dan cocok, kita belum siap kok, dengan demokrasi gaya barat, Amerika," sambungnya.
 


(LHE)