Yohana Yembise, Menteri Perempuan Pertama dari Papua

Surya Perkasa    •    Minggu, 26 Oct 2014 19:12 WIB
kabinet jokowi-jk
Yohana Yembise, Menteri Perempuan Pertama dari Papua

Metrotvnews.com, Jakarta: Yohana Susana Yembise benar-benar menjadi sosok wanita yang membuat bangga bumi cenderawasih. Dia menjadi menteri perempuan pertama dari Papua.

Beberapa waktu lalu, Yohana diumumkan sebagai salah satu nama menteri yang akan membantu kerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Nama Yo, sapaan Yohanna, dipercaya untuk mengisi posisi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Tidak salah Presiden Jokowi memilih Yohana sebagai menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Yohana berhasil menciptakan sebuah gebrakan dengan menciptakan pendekatan lintas kebudayaan dalam pendidikan anak di Papua.

Selain itu Yohana juga berhasil memecahkan stigma kultural masyarakat tentang perempuan yang telah menikah. Dengan menjadi seorang guru besar perempuan asal Papua pertama, dia membuktikan pemikiran wanita harus selalu tunduk kepada sang suami tidak bisa selalu diberlakukan.

Wanita yang lahir di Manokwari, Papua Barat pada 1 Oktober 1958 ini juga sempat menorehkan catatan membanggakan sebelum diangkat sebagai menteri di bawah kepemimpinan presiden Jokowi. November dua tahun silam, dia diangkat menjadi Professor wanita dari Papua pertama.

Tahun 1985, dirinya melanjutkan pendidikan Sarjana Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP Universitas Cenderawasih.

Setelah itu dia melanjutkan pendidikkan untuk mendapatkan ijazah linguistik terapan dari Regional Language Center (RELC), SEAMEO Singapura, pada tahun 1992.

Dia kemudian menyelesaikan program gelar Master di Departemen Pendidikan Simon Fraser University di Kanada pada tahun 1994. Pada tahun 2001, Yo kemudian melanjutkan pendidikan Doktoral di Universitas Newcastle. Dia dan memperoleh gelar Ph.D pada 2006.


(SUR)