Rini Soemarno Tunjuk Edi Sukmoro sebagai Dirut Baru PT KAI

Patricia Vicka    •    Rabu, 29 Oct 2014 11:14 WIB
kabinet jokowi-jk
Rini Soemarno Tunjuk Edi Sukmoro sebagai Dirut Baru PT KAI
Edi Sukmoro. Antara/Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno resmi menunjuk Edi Sukmoro sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Persero (PT KAI). Edi didapuk menggantikan Ignasius Jonan yang kini menjabat Menteri Perhubungan.

"Awalnya ada dua kandidat. Pertama Edy dan kedua dari komisaris KAI. Semua calon sudah melewati fit and proper test," ujar Rini seusai menunjuk dirut KAI di Kementerian BUMN Jakarta, Rabu (29/10/2014)

Dalam pemilihan dirut baru ini, Jonan turut membantu merekomendasikan nama-nama kandidat dirut. "Ada beberapa calon, tapi Jonan merekomendasikan Edi sebagai dirut," kata Rini.

Rini menambahkan dalam rapat yang diadakan pagi ini telah dilakukan pengangkatan dan serah terima jabatan (sertijab) dari mantan direktur KAI, Ignasius Jonan, ke Edy Sukmoro. "SK pengangkatan sudah ditandatangani semalam. Hari ini tinggal pelantikan dan sertijab," tegas Rini.

Sebelumnya, Edi adalah Direktur pengelolaan aset nonproduksi Railways di PT KAI (Persero). Ia lahir di Semarang, 15 Maret 1959. Pria berperawakan tinggi besar itu menamatkan pendidikan sarjanannya di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan University of Melbourne, Australia.                                                                                                                   


(PRI)