KIH Munculkan Dualisme Pimpinan di DPR

Surya Perkasa    •    Rabu, 29 Oct 2014 19:50 WIB
dpr
KIH Munculkan Dualisme Pimpinan di DPR
DPR--MI/Mohamad Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) menyatakan akan menyusun Alat Kelengkapan Dewan (AKD) versi mereka sendiri. Ini terang memunculkan dualisme di Dewan Perwakilan Rakyat.

Sebelumnya, lima fraksi yang terdiri dari PDIP, NasDem, Hanura, PKB, dan PPP, mengeluarkan mosi tidak percaya dengan pimpinan DPR. Mereka juga memajukan struktur pimpinan DPR sementara sendiri.

"Kami menilai tidak diperlukan pemimpin yang tidak cakap. Makannya kami ganti kami majukan nama," ucap Ketua Fraksi NasDem Viktor Laiskodat, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/10/2014).

Selain itu, mereka juga menyatakan tidak sepakat dengan struktur komisi yang telah disepakati pimpinan DPR hari ini. Viktor mengatakan, parlemen akan terbelah menjadi dua.

"Dan seluruh komisi yang terbentuk kami tidak mengakui itu. Mereka punya lima fraksi, kami punya lima fraksi, maka terbelahkan parlemen," ucap dia.

Di kesempatan yang berbeda, politikus PDIP Arif Wibowo menyebutkan susunan komisi dan alat kelengkapan dewan versi KIH akan segera muncul. Dalam waktu seminggu ke depan, akan muncul struktur AKD tandingan.

"enggak perlu waktu lamalah untuk menyusun AKD," tegas Arif.

Perkembangan di parlemen ini sungguh sangat mengkhawatirkan. Munculnya dualisme di dalam parlemen mengulang kembali kejadian di tahun 2004, dimana saat itu hal yang serupa juga sempat terjadi.


(LAL)