Penemu Teknologi Sosrobahu Meninggal Dunia

Desi Angriani    •    Rabu, 12 Nov 2014 00:47 WIB
obituari
Penemu Teknologi Sosrobahu Meninggal Dunia
Tjokorda Raka Sosrobahu. (indonesiaberpretasi.web.id)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penemu teknologi Sosrobahu, Ir. Tjokorda Raka Sukawati menghembuskan napas terakhirnya malam ini, pukul 20.00 WITA di tanah kelahirannya Ubud, Bali. Berita duka tersebut dilansir dari akun Twitter pribadi Dosen Jurusan Politik dan Pemerintahan Fisipol UGM Ari Dwipayana.

"Telah meninggal dunia malam ini pkl 20 WITA Tjokorda Raka Sasrabahu, Puri Kantor Ubud. Beliau penemu teknologi Sasrabahu," kicau Ari dalam akun @aridwipayanaugm.

Pria 83 tahun ini merupakan penemu tiang pancang yang diberinya nama Sosrobahu. Ini merupakan teknik konstruksi yang digunakan untuk memutar bahu lengan beton jalan layang. Lengan jalan layang diletakkan sejajar dengan jalan di bawahnya, selanjutnya diputar 90 derajat sehingga pembangunannya tidak mengganggu arus lalu lintas di bawahnya. Bahkan penemuan tersebut telah diterapkan di negara tetangga seperti Filipina, Malaysia, Thailand dan Singapura serta Indonesia. Salah satu jalan layang terpanjang di Metro Manila, yakni ruas Vilamore-Bicutan, memakai buah karya pria lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini. Di Jakarta, teknologi almarhum digunakan di jalan layang Cawang-Pluit.

Seperti diketahui, Tjokorda mendirikan Fakultas Teknik Universitas Udayana, bali setelah pensiun dari PT. Hutama Karya. Dia kembali melanjutkan penemuan teknologi sosrobahu versi kedua sembari mengajar di jenjang Pascasarjana.


(LOV)