Pimpinan MPR Kunjungi Entikong Bahas Pembangunan Perbatasan Besok

Afwan Abdul Basit    •    Selasa, 25 Nov 2014 14:29 WIB
indonesia-malaysia
Pimpinan MPR Kunjungi Entikong Bahas Pembangunan Perbatasan Besok
Sejumlah anggota TNI AD dan Tentra Diraja Malaysia (TDM) melakukan apel persiapan patroli gabungan di Pos Gabma tapal batas RI-Malaysia di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Rabu (15/7/2009).

Metrotvnews.com, Bandarlampung: Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan bersama seluruh Wakil Ketua bakal mengunjungi Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Rabu (26/11/2014). Selain Pimpinan MPR, hadir pula anggota Komisi II DPR RI dan sejumlah perwakilan kementerian.

"Bahas perbatasan. Nanti mau diapakan itu perbatasan," kata Zulkifli Hasan di Bandara Radin Inten II, Bandarlampung, Selasa (25/11/2014).

Sebagaimana diketahui, akhir-akhir ini isu perbatasan kembali menghangat setelah dikabarkan adanya eksodus besar-besaran warga Kecamatan Lumbis Ogung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, menjadi warga negara Malaysia. Sejumlah kalangan menyebut pangkal masalah munculnya isu itu lantaran minimnya pembangunan di kawasan perbatasan.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo beserta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bambang Nitimihardjo sudah membahas lebih jauh rencana pembangunan kawasan perbatasan, beberapa waktu lalu. Di antaranya, pembangunan ribuan kilometer jalan pararel di dekat perbatasan RI-Malaysia wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Pemerintah juga berencana membangun pos perbatasan di sejumlah provinsi.

Zulkifli mengharapkan kunjungan MPR, Komisi II, dan Kementerian menghasilkan perubahan signifikan di kawasan perbatasan.

Rencananya pimpinan MPR berangkat sekitar pukul 10.00 WIB dari Jakarta. Ajudan Ketua MPR, Ferry, menyebutkan, rombongan transit di Pontianak dan melanjutkan ke Entikong menumpangi helikopter.
 


(JCO)