Sarasehan Implementasi 1 Dasawarsa UU Sumber Daya Air Sukses Digelar

   •    Rabu, 10 Dec 2014 22:31 WIB
kementerian pekerjaan umum
Sarasehan Implementasi 1 Dasawarsa UU Sumber Daya Air Sukses Digelar
Sarasehan Implementasi 1 Dasawarsa UU Nomor 7 Tahun 2004 Tentang Sumber Daya Air, Senin, 8 Desember 2014, di Gedung Ditjen SDA Kementerian PU-PERA, Jakarta. Dok Kementerian PU-PERA.

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PERA) sukses menggelar "Sarasehan Implementasi 1 Dasawarsa UU Nomor 7 Tahun 2004 Tentang Sumber Daya Air", Senin, 8 Desember 2014, di Gedung Ditjen SDA Kementerian PU-PERA, Jakarta. Acara tersebut dihadiri lebih dari 200 orang peserta tamu undangan yang terdiri dari konseptor, dewan sumber daya air, praktisi, para stakeholders dan penerima manfaat dari implementasi UU tersebut.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Ir. Mudjiadi mengatakan, inilah yang menjadi tantangan kedepan bagaimana melaksanakan pengelolaan SDA secara baik dan benar. Di sisi lain, pengelolaan SDA juga harus diarahkan untuk mewujudkan sinergi dan keterpaduan harmonis antarwilayah, antarsektor, dan antargenerasi. Dalam UU No 7 tahun 2004 tentang SDA telah diamanankan tiga pilar utama dalam pengelolaan SDA.

Pertama, lanjutnya, adalah Konservasi SDA yang merupakan upaya memelihara keberadaan serta keberlanjutan keadaan, sifat, dan fungsi SDA agar enantiasa tersedia dalam kualitas dan kuantitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup.
 
Kedua, Pendayagunaan SDA yang merupakan upaya penatagunaan, penyediaan, penggunaan, pengembangan dan pengusahaan SDA secara optimal agar berhasil guna dan berdaya guna.

"Dan ketiga, Pengendalian Daya Rusak Air, merupakan upaya untuk mencegah, menanggulangi dan memulihkan kerusakan kualitas lingkungan yang disebabkan oleh daya rusak air. Jadi, ketiga pilar tersebut harus dihayati, ahami dan dilaksanakan dengan benar. Semua pihak harus ekerjasama dalam mengimplementasikan makna dari pilar-pilar tersebut dalam pengelolaan SDA kedepan untuk mendukung tercapainya kedaulatan air, pangandan energi," imbuh Mudjiadi dalam menyampaikan closing statement acara tesebut.


(AND)