Ade Supandi Resmi Pimpin TNI AL

Desi Angriani    •    Rabu, 31 Dec 2014 14:01 WIB
Ade Supandi Resmi Pimpin TNI AL
Laksamana Madya Ade Supandi (tengah membawa pedang).

Metrotvnews.com, Jakarta - Laksamana Madya Ade Supandi resmi menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut. Dia menggantikan Laksamana Madya Marsetio yang memasuki masa pensiun.

Upacara kenegaraan pelantikan Laksamana Madya Ade Supandi dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta, Rabu (31/12/2014). Upacara dimulai dengan pembacaan Keppres No.92/TNI/2014 tentang pemberhentian Laksamana Madya Marsetio dan pengangkatan Laksamana Madya Ade Supandi sebagai Kepala Staf Angkatan Laut. 

Presiden lalu mempimpin Ade mengucapkan sumpah sebagai KSAL

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini baik langsung maupun tidak langsung dengan rupa atau dalih apapun juga. Tidak memberi atau menyanggupi, akan memberi pada siapapun juga. Bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau suatu pemberian apa saja dari siapapun juga yang saya tau atau patut dapat mengira bahwa ia mempunyai hal yang bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya. Bahwa saya akan tetap setia pada UUD dan peraturan berlaku. Saya akan senantiasa menjunjung tinggi sumpah prajurit," ujar Ade.

Jokowi dan Ade kemudian menandatangani berita acara pengangkatan Kepala Staf Umum TNI itu sebagai KSAL

Laksamana Madya Ade Supandi lahir di Batujajar, Bandung, Jawa Barat, 26 Mei 1960. Ia merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) TNI angkatan ke-28 tahun 1983. 

Berbagai jabatan strategis pernah diembannya, di antaranya Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Komando Armada RI Wilayah Barat tahun 2009, Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 2011, dan terakhir sebelum menjabat sebagai Asrena Kasal, ia menjabat sebagai Panglima Armada RI Wilayah Timur (Pangarmatim).

 
(LHE)