Dituding Tiru Go-jek, Ini Tanggapan GrabBike

LB Ciputri Hutabarat    •    Selasa, 07 Jul 2015 11:18 WIB
gojek
Dituding Tiru Go-jek, Ini Tanggapan GrabBike
Pengemudi GrabBike----MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Fenomena ojek online kian marak di Indonesia. Setelah kehadiran Go-Jek, kini GrabBike mulai sering lalu lalang di jalanan Ibu Kota Jakarta.

CEO Go-Jek Nadiem Makarim menuding GrabBike meniru gaya Go-Jek. GrabBike tak mau buru-buru menanggapi tudingan itu. GrabBike malah mamandang keberadaan mereka setelah Go-jek merupakan bentuk persaingan sehat.

"Indonesia adalah pasar yang kompetitif. GrabBike dimulai pertamakali di Vietnam. Kami memperkenalkan GrabBike di Jakarta karena adanya persamaan antara Indonesia dengan Vietnam soal ojek," ungkap Head of Marketing and Partnerships GrabTaxi Indonesia, Kiki Rizki, kepada Metrotvnews.com, pekan lalu.

Ia menerangkan kehadiran GrabBike diterima baik masyarakat Indonesia. Padahal, mereka baru ada di Indonesia pada Mei lalu.
 
"Seminggu setelah peluncuran Beta (Aplikasi GrabBike), kami berhasil mendapatkan total 8.000 pemesanan dan lebih dari 1.000 pengendara," jelas Kiki.

Kiki tak menampik GrabBike akan bereksperimen membuka layanan lain, seperti jasa kurir dan pesan antar makanan. Dia bilang, dengan adanya permintaan dari masyarakat, setiap layanan baru akan dimungkinkan.

"Kami menghadirkan layanan GrabCar dan GrabBike karena melihat adanya kebutuhan dan permintaan pasar. Strategi utama kami adalah sebaik mungkin menyesuaikan diri kami dengan budaya lokal yang ada," imbuhnya.

Sebelumnya, CEO Go-Jek, Nadiem Makarim menuding GrabBike sebagai layanan yang meniru keberadaan mereka. Pasalnya dari segi warna perlengkapan driver GrabBike dan Go-Jek sekilas begitu mirip. Dari segi sistem pelayanan juga hampir bisa dikatakan sama.

Go-Jek sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2010 dengan jumlah driver diklaim sebanyak 10.000 driver di Indonesia. Sementara itu, GrabBike hadir sejak bulan Mei 2015 di Indonesia. GrabBike sendiri merupakan layanan integrasi dari GrabTaxi yang sudah muncul sejak tahun 2012 di Indonesia.


(TII)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA