Ahok Akan Hibahkan Rp500 Miliar untuk Polda

Wanda Indana    •    Rabu, 29 Jul 2015 13:56 WIB
ahok
Ahok Akan Hibahkan Rp500 Miliar untuk Polda
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (Foto: Antara/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menghibahkan anggaran Rp500 miliar kepada Polda Metro. Duit itu akan digunakan untuk investasi kemanan Ibu Kota.
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama tidak mempermasalahkan besarnya hibah. Menurutnya, jumlah itu masih sedikit ketimbang anggaran pengadaan alat uninterruptible power supply (UPS) yang mencapai Rp12,1 triliun.
 
"Kami mau kasih setengah triliun. Kami juga mau bangun kantor polisi yang besar di Kemayoran. Pokoknya patokannya, kalau masih di bawah harga UPS masih murah," kata Ahok terkekeh di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Rabu (29/7/2015).
 
Pemprov DKI akan merangkul Polda Metro Jaya untuk membantu menertibkan pajak hiburan. Potensi kerugian yang diderita Pemprov DKI mencapai triliun rupiah akibat pelaku bisnis hiburan yang tak bayar pajak.
 
"Kami mau kerja sama dengan kepolisian. Mereka akan membantu kita menangkap dan mengadili hotel, restoran, hiburan, yang memungut 10 persen dari pelanggan tapi tidak disetorkan ke DKI," tegasnya.
 
Tak hanya itu, Pemprov DKI juga dirugikan adanya retribusi parkir yang tidak masuk kas negara. Potensi kerugian permainan retribusi parkir mencapai Rp1,8 triliun.
 
"Potensi parkir kita Rp1,8 triliun, tapi kita hanya terima Rp20 miliar. Kami akan kerja sama dengan Polisi, mereka mau membantu kita. Gaji tukang parkir dinaikin 2 kali UMP (Upah Minimum Provinsi), kalau yang masih main ditangkap polisi," katanya.


(FZN)