Bos TransJakarta Yakin Scania Memenuhi Syarat

Wanda Indana    •    Senin, 10 Aug 2015 11:16 WIB
transjakarta
Bos TransJakarta Yakin Scania Memenuhi Syarat
Bus TransJakarta merek Scania. (Foto: MI/Angga)

Metrotvnes.com, Jakarta: Bus TransJakarta merek Scania diyakini sudah memenuhi syarat teknis dan sesuai spesifikasi yang dipesan. Bus jenis articulated (gandeng) itu memiliki kapasitas yang sama dengan bus gandeng lain.
 
"Pada dasarnya kami percaya bus Scania ini secara teknis memenuhi syarat, karena sudah digunakan untuk mengangkut penumpang di berbagai negara di luar Indonesia. Bus ini memiliki spesifikasi daya angkut yang sama dengan bus-bus gandeng lainnya yang sudah ada," kata Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Antonius NS Kosasih, Senin (10/8/2015).
 
Terkait kejanggalan stiker uji kir yang ditempel pada armada TransJakarta itu, Kosasih mengaku akan meminta penjelasan secara resmi kepada PT United Tractors selaku Agen Pemegang Merk (APM) dan karoseri Laksana yang mengurus perizinan beserta pembuatan bus Scania.
 
Pada stiker uji kir armada TransJakarta Scania yang dikeluarkan Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta tertulis berat kosong kendaraan 19,3 ton dan Gross Vehicle Weight 26 ton.
 
Kosasih menjelaskan, menurut karoseri Laksana, penumpang yang bisa diangkut bus Scania seharusnya 26 ton‎. Jika dihitung sesuai peraturan, berat satu orang penumpang 60 kilogram. Artinya, bus tersebut harusnya bisa mengangkut sekitar 111 orang penumpang, bukan 39 penupang.
 
"Dari surat registrasi uji tipe (SRUT) yang pihak karoseri Laksana terima, berat kosong 19,6 ton dan berat penumpang penuh  26 ton. Jadi, seharusnya sama," jelas Kosasih.


(FZN)