Idrus Assagaf Dilantik Jadi Plt Wali Kota Ternate

Burhanuddin Arsyad    •    Senin, 10 Aug 2015 20:52 WIB
pilkada serentak
Idrus Assagaf Dilantik Jadi Plt Wali Kota Ternate
Idrus assagaf saat dilantik sebagai Plt Wali Kota Ternate oleh Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, menggantikan Burhan Abdurahman, pada Senin (10/8). Foto: MI/Burhanuddin

Metrotvnews.com, Ternate: Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba melantik Idrus Assagaf sebagai pelaksana tugas (plt) Wali Kota Ternate menggantikan Burhan Abdurahman yang masa jabatannya sudah berakhir.

Pelantikan yang berlangsung di Aula Nuku Kantor Gubernur Malut itu dilakukan berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.82-4760 tentang pemberhentian Burhan Abdurahman sebagai wali kota.

Tugas Idrus sebagai plt wali kota selain mengisi kekosongan, juga menyukseskan pemilihan kepala daerah serantak pada 9 Desember nanti.

"Saya harap plt wali kota dapat menjalankan tugas dengan baik. Tidak memihak dalam proses pemilihan kepala daerah serta dapat menjaga stabilitas pemerintahan agar tetap kondusif," kata Abdul Gani Kasuba kepada Metrotvnews.com, di sela acara pelantikan, Senin (10/8/2015).

Pelantikan Idrus Assagaf mendapat penolakan dari sejumlah PNS Pemkot Ternate, terutama mereka yang mendukung pencalonan kembali Burhan Abdurahman sebagai Wali Kota Ternate periode 2015-2020.

Idrus dinilai tidak akan bersikap netral dan akan membuat kebijakan yang menguntungkan lawan politik Burhan Abdurahman.

Idrus sebelumnya adalah pegawai pemkot Ternate dengan pangkat golongan 1V C. Namun, dia di-nonjob-kan oleh Burhan Abdurahman karena saat pemikukada 2010 diduga mendukung pasangan lain yang menjadi lawan politik Burhan. Awal 2015 Idrus diangkat menjadi kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Maluku Utara.

"Saya akan laksanakan tugas sebagai pejabat wali kota sesuai UU. Tidak ada politik balas dendam. Memang saya pernah di-nonjob-kan oleh Pak Burhan Abdurahman. Kalau ada pegawai yang salah maka saya akan tindak sesuai UU, bukan karena balas dendam," kata Idrus.


(UWA)