Presiden Jokowi Resmikan Proyek Pembangunan LRT Tahap I

Intan fauzi    •    Rabu, 09 Sep 2015 09:52 WIB
lrt
Presiden Jokowi Resmikan Proyek Pembangunan LRT Tahap I
Ilustrasi. (Foto:MI/Usman Iskandar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo meresmikan proyek percepatan pembangunan Light Rail Transit (LRT) Indonesia hari ini pukul 09.20 WIB di Jalan Taman Mini 1, Pasar Rebo, Jakarta Timur.
 
"Dengan mengucapkan Bismillah, pembangunan kereta api ringan Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi saya nyatakan dimulai," kata Jokowi saat membuka acara di lokasi, Rabu (9/9/2015).
 
Presiden Jokowi berharap pembangunan transportasi massal ini dibantu oleh semua pihak agar berjalan tepat waktu. "Sekali lagi saya tegaskan semua pihak bersama-sama menyukseskan pembangunan infrastuktur ini. Semua proyek yang berkaitan dengan transportasi massal, jangan ditunda-tunda lagi karena menyangkut kemacetan di Jakarta yang sudah akut," tegas Jokowi.
 
Acara peresmian juga dihadiri oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri BUMN Rini Sumardi, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mochamad Basoeki Hadimoeljono, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan, Menko Bidang Kemaritiman Rizal Ramli, Menteri PPN/Bappenas Sofyan Djalil, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.
 
Rencananya pembangunan kereta berkecepatan 60-80 km/jam dilakukan dua tahap. Tahap pertama diresmikan hari ini dan ditargetkan selesai pada 2018. Sedangkan tahap kedua dimulai kuartal akhir 2016 dan ditargetkan selesai akhir 2018.
 
Keputusan itu telah diterbitkan dalam Keputusan Menteri Perhubungan No KP. 394 Tahun 2015 tentang Penetapan Trase Jalur Layang Kereta Api Umum Nasional Jenis Light Rail Transit di wilayah Jabodetabek oleh PT. Adhi Karya (Persero) Tbk.
 
Tahap pertama akan membangun lintasan sepanjang 42,1 Km dengan 18 stasiun, yakni Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang, dan Cawang-Dukuh Tas. Tahap kedua sepanjang 41,5 Km dengan lintasan Cibubur-Bogor, Dukuh Atas-Palmerah-Senayan, dan Palmerah-Grogol.
 


(FZN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA