Buwas Akan Hapus Rehabilitasi Pecandu Narkoba, Mensos Tak Sepakat

Intan fauzi    •    Kamis, 10 Sep 2015 19:04 WIB
narkoba
Buwas Akan Hapus Rehabilitasi Pecandu Narkoba, Mensos Tak Sepakat
Khofifah Indar Parawansa saat konferensi pers di kediamannya, Senin (20/7/2015). Foto: Rommy Pujianto/MI

Metrotvnews.com, Bogor: Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso menyatakan akan menghapus rehabilitasi bagi pecandu narkoba. Menanggapi hal tersebut, Menteri Sosial Khofifah Indah Parawansa berkeyakinan akan tetap menjalankan program rehabilitasi sesuai mandat undang-undang.

"Saya rasa itu wacana yang dibangun beliau. Sekarang akan tetap berjalan sesuai mandat undang-undang lalu peraturan perundang-undangan dan presiden," kata Khofifah usai membuka Jambore IPWL (Institusi Penerima Wajib Lapor), di Puri Avia Resort, Jalan Raya Puncak KM 65, Cipayung, Bogor, Jawa Barat, Kamis (10/9/2015).

Mandat yang dimaksud berdasarkan Pasal 54 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Pasal itu menyebut pecandu narkotika dan korban penyalahgunaan narkotika wajib menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial. 

Selain itu ada PP Nomor 25 Tahun 2011 tentang pembentukan IPWL sebagai tempat rehabilitasi medis maupun sosial.

"Undang-undang menyebutkan kalau penyalahguna harus direhabilitasi baik medik maupun sosial. Rehabilitasi medik oleh Kementerian Kesehatan dan rehabilitasi sosial oleh Kementerian Sosial. Bahkan kemudian PP menyebutkan panti-panti yang melakukan rehabilitasi medik maupun sosial disebut IPWL," paparnya.

"Jadi Kementerian Sosial mengambil posisi melaksanakan undang-undang dan peraturan perundang-undangan," sambungnya.

Namun jika suatu saat ada uji materi undang-undang tersebut, Khofifah menyebut itu ialah hak seluruh warga. "Kalau suatu saat ada yang melakukan judicial review misalnya, itu adalah hak seluruh warga bangsa. Untuk sementara Kementerian Sosial tetap akan berangkat dari regulasi perundangan-undangan yang ada," tegas Khofifah.

Sebelumnya, sesaat setelah dipastikan menjadi Kepala BNN, Budi Waseso mengatakan akan menghapus program rehabilitasi pecandu narkoba. Menurutnya, rehabilitasi justru merugikan negara. Pecandu mesti dipenjara.


(KRI)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA