Mensos Tak Setuju Terorisme Dikaitkan Agama

Damar Iradat    •    Senin, 28 Sep 2015 15:09 WIB
terorisme
Mensos Tak Setuju Terorisme Dikaitkan Agama
Mensos Khofifa Indar Parawansa saat jadi narasumber di UIM Makassar,--Foto: MTVN/Damar Iradat

Metrotvnews.com, Makassar: Isu terorisme yang acap dikaitkan dengan agama tertentu membuat jengah sebagian masyarakat. Pun Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa.

"Saya keberatan kalau terorisme dikaitkan dengan agama," kata Mensos dalam diskusi Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) bertajuk 'Early Warning Pemahaman Radikal-Terorisme bagi Perempuan dan Pemuda' di Kampus Universitas Islam Makassar, Senin (28/9/2015).

Khofifah meminta, harus dibangun pengertian apa itu radikalisme dan terorisme. Setelah pengertian tersebut ditemukan, akan muncul respek, jika ada satu sinyalmen tertentu mana yang harus diantisipasi.

"Maka tidak akan mudah melakukan punishment, karena akan ada trust di situ. Muncul understanding, respect dan trust," tegas dia.

Selain itu, para pemuka agama juga perlu membangun komunikasi yang baik dengan pengikutnya. Hal ini perlu dilakukan, sebab masih banyak pengikut agama tertentu salah menafsirkan ajaran agama mereka.

"Jadi, mereka (pemuka agama) harus memelihara silaturahmi, harus saling jaga komunikasi, karena ini pintu masuk bagaimana peran pemuka agama dalam mengawal masing-masing pengikutnya agar bisa bangun keserasian sosial," paparnya.

Khofifah juga menyebut, jika dalam ajaran Islam soal mati syahid masih sering disalahartikan pemeluknya. Lebih celaka, ajaran itu ditelan mentah-mentah oleh pemuda.

"Mati syahid kalau ditransformasikan ke anak muda ini sebetulnya adala pekerjaan rumah bagi pemuka agama. Bagaimana mereka mentransformasikan pikiran-pikiran yang nanti jadi doktrin. Bagaimana mereka memaknai sebuah mati syahid," lanjutnya.

Perspektif mati syahid, jelas Khofifah, jika ditransformasikan kepada anak muda yang galau pada masa depannya dan bercita-cita mencari kebahagiaan di akhirat bisa disalahartikan. Sebab itu, ia meminta, pemuka agama memberi pemahaman lebih mendalam soal mati syahid.

"Sekali lagi ini PR pemuka agama, untuk pastikan doktrin mati syahid itu untuk dimaknai secara proporsional dan benar," tutup Khofifah.


(MBM)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

20 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA