Puan Dukung Revisi UU KPK

Desi Angriani    •    Rabu, 07 Oct 2015 22:09 WIB
revisi uu kpk
Puan Dukung Revisi UU KPK
Menteri Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. Foto: Antara.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mendukung revisi UU Komisi Pemberantan Korupsi (KPK). Puan setuju dengan usulan yang disampaikan saat rapat Badan Legislasi, Selasa 6 Oktober itu.

"Ya Kalau memang sudah sangat urgent dan memang diperlukan penguatan dari kemudian direvisinya UU ya saya ikut apa yang menjadi hal yang diinginkan DPR, fraksi fraksi yang ada di DPR," kata Puan di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (7/10/2015).

Menurutnya, usulan DPR tak berniat mengamputasi kewenangan KPK, melainkan memperkuat lembaga antirasyiwah.

"Jadi kalau ada fraksi yang mengusulkan pasti bukan karena ingin melemahkan tapi penguatan fungsi dari KPK itu kedepannya bisa menjadi salah satu pilar untuk menjaga negara ini sebagai negara anti korupsi," beber dia.

Kendati demikian, Puan enggan mengomentari soal ketentuan 12 tahun pembubaran KPK sejak UU KPK hasil revisi disahkan.

"Itu saya enggak ikut-ikut karena itu penentuan dari berapa lama kpk harus ada satu tahun, dua tahun, tiga tahun sampai 12 tahun menurut saya sudah ada pertimbangan di DPR," pungkas dia.

Upaya pelemahan KPK kembali bergulir melalui usulan revisi UU KPK di DPR. Revisi UU KPK ini merupakan usulan Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Golkar, Fraksi PPP, Fraksi NasDem, Fraksi PKB, dan Fraksi Hanura. Rancangan revisi UU KPK disampaikan saat rapat Badan Legislasi, Selasa 6 Oktober.

Pengusul terbanyak muncul dari Fraksi PDI Perjuangan, yakni 15 anggota, diikuti NasDem 12 anggota, Golkar 9 anggota, PPP 5 anggota, dan Hanura 3 anggota. Salah satu tema yang diangkat adalah umur KPK, yang dibatasi 12 tahun setelah UU tersebut disahkan. Kemudian, soal pencabutan kewenangan pemberantasan korupsi yang diganti menjadi pencegahan.


(DRI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA