Restorasi Lahan Gambut akan Dibawa ke COP 21

Dheri Agriesta    •    Jumat, 13 Nov 2015 17:56 WIB
asap
Restorasi Lahan Gambut akan Dibawa ke COP 21
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar-----Ant/Widodo Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama United Nation Development Programme, dan Pemerintah Norwegia menggelar diskusi internasional membahas langkah jangka panjang pengelolaan hutan. Hasil diskusi nantinya dibawa ke Conference of Parties (COP) ke-21 di Paris, Perancis.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar mengatakan, hasil diskusi akan direkomendasikan menjadi satu keputusan di COP 21. "Rekomendasinya dan kesepakatannya," kata Menteri Siti di Hotel Shangrila, Jalan Jenderal Sudirman, Karet, Jakarta Pusat, Jumat (13/11/2015).

Di forum tersebut, Indonesia akan mengabarkan kepada negara delegasi lainnya tentang kondisi hutan di Indonesia. Menurut Siti, pemerintah Indonesia juga akan memberi tahu langkah besar apa yang diambil untuk pengelolaan hutan ke depan.

Diskusi internasional yang melibatkan beberapa negara sahabat ini akan mencari solusi permanen pengelolaan lahan gambut demi mencegah kebakaran hutan dan lahan. Siti mengatakan, ada beberapa target yang dibawa pemerintah ke COP Paris.

"Kita perkenalkan transformasi pengelolaan hutan dari masa lalu, kini kami mengandalkan penggunaan energi terbarukan," kata Siti.

Wakil Presiden Jusuf Kalla sebelumnya mengatakan pemerintah Indonesia sangat mengharapkan kerja sama dan uluran tangan negara sahabat. Sebab secara tidak langsung, pemanfaatan hutan Indonesia juga dirasakan internasional. Ia juga mengharapkan solusi penanganan restorasi lahan gambut dapat diperoleh dengan mengadakan diskusi internasional ini.
 


(TII)