Tarif Metromini & Kopaja Turun Rp200

Damar Iradat    •    Selasa, 12 Jan 2016 13:29 WIB
angkutan umum
Tarif Metromini & Kopaja Turun Rp200
Metromini menaikan penumpang di jalur khusus TransJakarta di kawasan Manggarai, Jakarta Selatan. (Foto: MI/Immanuel)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tarif Metromini dan Kopaja turun Rp200.  Kebijakan itu dilakukan setelah pemerintah menurunkan harga Bahan Bakar Minyak jenis solar.
 
Ketua Organda DKI Shafruhan Sinungan mengatakan, tarif Metromini dan Kopaja turun sebesar 5 persen. Tarif Metromini dan Kopaja yang selama ini sebesar Rp4 ribu, turun menjadi Rp3.800.
 
"Dipastikan turun 5 persen," ujar Shafruhan kepada Metrotvnews.com, Selasa (12/1/2016).
 
Penurunan tarif tersebut tidak lepas dari turunnya harga solar dari Rp6.700 per liter menjadi Rp5.950 per liter. Selain itu, penurunan tarif dilakukan setelah mendengar masukan masyarakat.
 
Kendati demikian, angkutan selain Metromini dan Kopaja tidak mengikuti penurunan. "Taksi dan mikrolet tidak turun, masih sama," kata dia.
 
Organda DKI sebetulnya menghadapi dilematis untuk menurunkan tarif. Pasalnya, turunnya harga solar tidak diikuti dengan penurunan biaya operasional.
 
"Pengusaha angkutan dilematis, BBM turun, tapi biaya operasional meningkat. Termasuk UMP (Upah Minimum Provinsi). Bukan hanya UMP malah, tapi juga biaya operasi kantor, tarif listrik juga naik. Termasuk biaya operasional kendaraan sendiri," katanya.


(FZN)