8 Korban Tewas Bom Thamrin, 4 Pelaku dan 4 Warga Sipil

Eko Nordiansyah    •    Minggu, 17 Jan 2016 11:14 WIB
ledakan di sarinah
8 Korban Tewas Bom Thamrin, 4 Pelaku dan 4 Warga Sipil
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes M. Iqbal--Metrotvnews.com/Eko Nordiansyah

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepolisian Polda Metro Jaya menyebutkan, saat ini terdapat delapan orang korban tewas akibat aksi terorisme di kawasan MH Thamrin. Dari delapan korban tersebut, empat di antaranya adalah pelaku pengeboman di gerai kopi Starbuck dan pos polisi Jalan MH Thamrin.

"Artinya sudah ada delapan yang menjadi korban. Tapi kita klasifikasikan empat adalah dari warga sipil, empat pelaku," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes M Iqbal ditemui di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (17/1/2016).

Pada saat kejadian, polisi menduga lima pelaku yang tewas di lokasi pengeboman. Namun setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, Iqbal menyebut salah seorang korban tewas bukanlah terduga pelaku terorisme.

"Kemarin pada saat kejadian kita menduga ada lima pelaku yang meninggal dunia. Satu di dalam starbuck meninggal akibat bom bunuh diri, dua yang kita tembak lumpuhkan di area parkir starbuck. Terus yang dua di sini (pospol) yang kita duga satu pelaku bom atas nama D dan S," jelas dia.

Namun, nama terkahir yaitu S dinyatakan bukan merupakan pelaku. Sebab dari pemeriksaan data orang tua korban oleh kepolisian dan track recordnya, didapati bahwa S hanya warga yang berada di TKP pada saat kejadian.

Sebagaimana diketahui, Kamis, 14 Januari lalu sebuah bom menguncang gerai kopi Starbucks di kawasan MH Thamrin. Selain lokasi tersebut pelaku juga meledakkan sebuah pos polisi di dekat lokasi serta terlibat baku tembak dengan pihak kepolisian.


(YDH)