Akhirnya Polresta Tangerang Resmi Masuk Polda Banten

Batur Parisi    •    Sabtu, 30 Jan 2016 05:39 WIB
polisi
Akhirnya Polresta Tangerang Resmi Masuk Polda Banten
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Serang: Polda Banten menerima Surat Keputusan (SK) Kapolri Nomor KEP/76/I/2016, tertanggal 26 Januari 2016. Surat itu menjelaskan peralihan daerah hukum Polresta Tangerang yang menjadi bagian Polda Banten.

Surat itu menegaskan Polresta Tangerang yang menaungi 10 polsek itu resmi menjadi kewenangan Polda Banten. Sepuluh Polsek itu terdiri dari Balaraja, Cikupa, Tiga Raksa, Cisoka, Mauk, Rajeg, Kresek, Kronjo, Pasar Kemis, dan Panongan.

"Jadi dua SK yang sudah dibuat Polri dimana yang pertama SK untuk pelimpahan dan SK yang kedua untuk kewenangan membawahi daerah hukum Polresta Tangerang," Kata Kepala Bidang Humas Polda Banten AKBP Ermayadhi di ruangnnya, Jumat (29/1/2016).

Ia menjelaskan pelimpahan itu berdasarkan kajian Kepolisian Republik Indonesia. Yaitu secara geografis, lokasi Polresta Tangerang lebih dekat ke Polda Banten ketimbang Polda Metro Jaya.

“Di samping itu, Polresta Tangerang dibutuhkan dalam melakukan koordinasi aksi buruh yang kerap terjadi," ujarnya.

Ermayadhi juga menjelaskan, Polres Kota Tangerang Selatan sampai saat ini masih masuk ke wilayah hukun Polda Metro Jaya dan tidak dilakukan perubahan kewenangan, mengingat lokasi dan kekhawatiran sulitnya koordinasi.

"Karena Bandara Internasional Polda Banten berada di wilayah hukum Polres Kota Tangerang. Tentunya, membutuhkan peran Polda Metro Jaya dalam melakukan pengamanan dan antisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi di bandara tersebut,” ujarnya.

Selain SK di atas, Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti juga mengeluarkan SK Nomor KEP/78/I/2016, tertanggal 26 Januari, bahwa Kepolisian Daerah Banten membawahi daerah hukum Polresta Tangerang, Polres Serang, Polres Pandeglang, Polres Cilegon dan Polres Lebak.


(ALB)