Ahok Berencana Kunjungi Pyongyang

LB Ciputri Hutabarat    •    Jumat, 12 Feb 2016 13:19 WIB
sister city
Ahok Berencana Kunjungi Pyongyang
Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama dan Dubes Korea Utara An Kwang Il di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (12/2/2016). Foto: MTVN/Ciputri

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana mengunjungi Pyongyang, Korea Utara. Hal ini dikatakannya menyusul kunjungan Duta Besar Korea Utara untuk Indonesia An Kwang Il ke Balai Kota.

"Dari Wali Kota Pyongyang berharap datang. Kan Jakarta dan Pyongyang Sister City," kata Ahok, sapaan Basuki usai menerima Dubes Korut, Di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (12/2/2016).

Jakarta punya banyak sister city di Asia. Ahok memang sudah berencana menjadwalkan sejumlah kunjungan ke negara-negara sister city di Asia, termasuk Korea Utara. Secara pribadi An Kwang menyebut pejabat Pyongyang menunggu kedatangan Ahok.

"Mungkin April kita ke sana (Korea Utara). Tergantung jadwal," ucap Ahok

Terkait pertemuan dengan An Kwang, Ahok menuturkan akan mengirimkan atlet ke Korea Utara. Selain itu, mereka juga membicarakan terkait pertukaran Macan Korea dan Orang Utan Indobesia sebagai bentuk persahabatan.

"Dia lagi pikir bagaimana cara kirimnya. Soalnya transitnya ke Beijing dan karantina seminggu. Itu dibicarakan," tandas dia. 

Sekadar untuk diketahui, Sister city adalah konsep penggandengan dua kota yang berbeda lokasi dan administrasi politik dengan tujuan menjalin hubungan budaya dan kontak sosial antarpenduduk.
 
Sister city umumnya memiliki persamaan keadaan demografi dan masalah-masalah yang dihadapi. Hubungan itu sangat bermanfaat bagi program pertukaran pelajar dan kerja sama di bidang budaya dan perdagangan.
 
Jakarta memiliki 21 sister city, di antaranya Beijing, Hanoi, Berlin, Paris, Pyongyang, Seoul, Tokyo, Athena, Bangkok, Casablanca, Jeddah, Istanbul, Islamabad, Los Angeles.
 
Terakhir, DKI juga melakukan kerja sama notakesepahaman sister city dengan Kota Rotterdam, Belanda. Dalam waktu dekat, DKI juga akan menjalin kerja sama sister city dengan Provinsi Kairo, Mesir.


(KRI)