SP1 Penggusuran Kalijodo Dilayangkan Minggu Ini

Intan fauzi    •    Rabu, 17 Feb 2016 10:50 WIB
penggusuran kalijodo
SP1 Penggusuran Kalijodo Dilayangkan Minggu Ini
Kalijodo difoto dari atas----------Ant/M.Adimaja

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan bertindak cepat membongkar kawasan Kalijodo. Surat Peringatan pertama (SP1) terkait penggusuran akan dilayangkan dalam waktu dekat.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, surat bakal dilayangkan kemungkinan pekan ini.

"Saya enggak tahu (pastinya), mungkin minggu ini," kata lelaki yang akrab disapa Ahok di Lapangan Makodam Jaya, Jalan Mayjen Sutoyo, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (17/2/2016).

Ahok mengaku, Pemprov DKI sudah memiliki lini masa penggusuran. Jika SP1 tak digubris, SP2, SP3 hingga surat perintah bongkar (SPB) siap dilayangkan.

"Untuk informasi hari H (pembongkaran) kami akan usahakan secepat mungkin," ujar Ahok.

Proses pembongkaran kawasan Kalijodo, kata Ahok, tak perlu ada sosialisasi. Sebab, tanah yang ditinggali warga milik negara.

Mantan Bupati Belitung itu menegaskan, tanah harus digunakan sesuai peruntukkannya. Sebab diketahui, kawasan Kalijodo diperuntukkan jalur hijau.

Rencana penggusuran Kalijodo mengemuka pekan lalu. Pemicunya, insiden tabrakan mobil Toyota Fortuner dengan pengendara motor, yang membuat penunggang motor tewas. Hasil penyelidikan, Riki, sang sopir Fortuner, mengantuk lantaran habis menenggak minuman beralkohol di Kalijodo. Insiden itu terjadi tepat perayaan Imlek 2567.

Insiden tabrakan melebar. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pun berang dan langsung tancap target penggusuran Kalijodo. Rencana Basuki mendapat perlawanan warga. Warga bahkan bakal menurunkan preman buat mengadang penggusuran. Apa dikata, lelaki yang akrab disapa Ahok itu lebih punya kuasa.

Ahok langsung berkoordinasi dengan jajarannya. Tak lupa dengan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya buat menertibkan kawasan hiburan yang sudah melegenda sejak 1950-an.


(TII)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA