Gerhana Matahari Total Terjadi 350 Tahun Sekali

Wanda Indana    •    Senin, 07 Mar 2016 12:51 WIB
gerhana matahari total
Gerhana Matahari Total Terjadi 350 Tahun Sekali
Lintasan gerhana matahari total

Metrotvnews.com, Jakarta: Gerhana Matahari Total (GMT) akan terjadi di beberapa tempat di Indonesia pada, Rabu 9 Februari. GMT merupakan fenomena alam yang langka, sebab terjadi 350 tahun sekali di tempat yang sama.
 
"GMT itu fenomena alam, di mana pisis atau kedudukan matahari, bulan dan bumi pada satu garis lurus," kata Kepala Biro Humas BMKG, Wahju Adji kepada Metrotvnews.com di Jalan Angkasa I, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (7/3/2016).
 
GMT hanya terjadi di Indonesia dan dapat dilihat di 11 wilayah provinsi. Seperti, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.
 
Wahyu yakin, selain masyarakat domestik, masyarakat mancanegara akan datang ke Indonesia menyaksikan fenomena langka ini. "Kejadian ini sangat istimewa, karena wilayah daratan yang dilalui gerhana matahari total hanya di Indonesia," kata Wahyu.
 
BMKG akan melakukan pengamatan GMT di Bengkulu, Tanjung Pandan, Palu dan Ternate. BMKG juga melakukan pengamatan gravitasi di Palu.
 
Wahyu menjelaskan, umumnya GMT terjadi pagi hari. BMKG memprediksi, di wilayah Indonesia barat, di Palembang gerhana mulai pukul 06:20 WIB dan mencapai puncaknya pukul 07:21 WIB. Di wilayah Tanjung Pandan gerhana mulai pukul 06:21 dan mencapai puncaknya pukul 07:23 WIB.
 
Di Palangkaraya, gerhana mulai pukul 06:23 WIB dan mencapai puncaknya 07:30 WIB. Di Balikpapan, gerhana mulai pukul 07:25 WIB dan mencapai puncaknya 08:34 WIB. Sementara di wilayah Bengkulu (Muko-Muko), gerhana akan mencapai puncaknya pukul 07:19 WIB.
 
Untuk wilayah bagian tengah, yaitu di Palu, gerhana mulai terjadi pukul 07:24 WITA  dan mencapai puncaknya 08:38 WITA. Hal ini berbeda dengan bagian Indonesia Timur, yaitu Ternate, gerhana mulai pukul 08:36 WIT dan mencapai puncaknya pukul 09:52 WIT.
 


(FZN)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

3 hours Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA