Bus Gratis Beredar di Jalan Sudirman-Harmoni

Arga sumantri    •    Rabu, 06 Apr 2016 09:43 WIB
3 in 1
Bus Gratis Beredar di Jalan Sudirman-Harmoni
Warga naik bus gratis milik PT TransJakarta. Foto: MTVN/Arga Sumantri

Metrotvnews.com, Jakarta: Puluhan bus gratis mengantar penumpang rute Sudirman-Thamrin hingga Harmoni. Ini merupakan fasilitas selama uji coba penghapusan jalur 3 in 1.

Dedi, sopir bus gratis milik PT Transjakarta, menyatakan warga sangat antusias menumpang bus gratis. Pada waktu berangkat dan pulang kerja, bus selalu penuh.

"Kalau pagi sekali itu ramai. Kapasitas bus 75 orang," kata Dedi kepada Metrotvnews.com di kawasan Bundaran Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (6/4/2016).

Khusus di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Harmoni ada 20 bus gratis. 10 bus berangkat dari Bundaran Senayan dan 10 lainnya berangkat dari Harmoni.

"Biasanya sehari, setiap bus bisa sampai tiga atau empat kali jalan," ungkap dia.

Bus gratis TransJakarta tidak berhenti di halte busway. Bus ini berhenti di halte-halte bus umum. Uji coba penghapusan jalur 3 in 1 akan berakhir pekan depan.

Darul, warga, merasa sangat terbantu dengan adanya fasilitas bus gratis ini. Kebetulan, hari ini pria paruh baya itu hendak menuju Kota.

Dia berharap fasilitas ini terus ada, setidaknya hingga warga mau beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum.

Andin, warga Bintaro, menumpang bus gratis dua hari ini untuk berangkat ke tempatnya bekerja di Jalan Jenderal Sudirman. "Sebelumnya, biasanya saya bawa sepeda motor," ujar dia.

Hari ini, Sintya juga memutuskan tak membawa kendaraan pribadi ke kantornya di Jalan MH Thamrin. Sebab kemarin, hari pertama uji coba penghapusan 3 in 1, arus lalu lintas sangat macet.

"Makanya hari ini coba naik bus gratis," kata wanita berkulit putih itu.


(TRK)