50% Bisnis Narkoba Dikendalikan dari Lapas

Faisal Abdalla    •    Kamis, 15 Jun 2017 14:02 WIB
narkobasidak lapas
50% Bisnis Narkoba Dikendalikan dari Lapas
Budi Waseso dengan tersangka kasus narkoba. Foto: MI/Galih Pradipta

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso menegaskan peredaran narkoba yang dikendalikan dari dalam lapas bukan kabar mengejutkan. Menurutnya, hal itu terjadi karena sistem di lapas tidak kunjung diperbaiki.

"Hari ini saya berani bilang, 50% peredaran narkoba itu dikendalikan dari dalam lapas," kata Waseso di kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Kamis 15 Juni 2017.

Ia menyebutkan, 70% lapas di Indonesia diisi tahanan narkoba. Karena itu, tidak mengagetkan jika peredaran narkoba justru tumbuh subur dari dalam lapas.

Waseso menilai, selain faktor keterlibatan sipir, sistem yang buruk juga menjadi penyebab maraknya peredaran narkoba dari balik lapas. "Modus operandi yang harus diungkap tidak hanya pada oknum tapi juga sistemnya. Kalau cuma oknumnya dipecat dan diganti, ya tetap akan terulang selama sistemnya masih buruk," ujar Waseso.

Untuk itu, Waseso mendesak Kementerian Hukum dan HAM agar segera memperbaiki sistem di dalam lapas. "Hasil pantauan kami, sebagian besar lapas yang dihuni narapinda narkotika, ya masih menjalankan bisnis narkoba dari dalam," tutup Waseso.


(TRK)