Jokowi Pastikan THR TNI & PNS Cair Besok

Husen Miftahudin    •    Senin, 19 Jun 2017 21:54 WIB
tunjangan hari raya
Jokowi Pastikan THR TNI & PNS Cair Besok
Presiden Jokowi. Foto: MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku baru sebagian TNI dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menerima gaji ke-14 atau Tunjangan Hari Raya (THR). Dia memastikan pencairan THR untuk TNI dan PNS maksimal besok, Selasa 20 Juni 2017.

"Sore tadi saya ingin memastikan apakah gaji keempat belas itu sudah diterima apa belum, ternyata baru 56% yang menerima. Sisanya 44% (pencairannya) maksimal besok," kata Jokowi pada pidatonya saat buka puasa bersama Prajurit TNI dan PNS Mabes TNI di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin 19 Juni 2017.

Pencairan THR untuk TNI dan PNS disebutnya belum terlambat. Jokowi berharap pencairan THR menjadi penyemangat memupuk persatuan dan kesatuan menjelang Lebaran.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengaku THR untuk TNI dan PNS di Mabes TNI tidak akan dibagikan sebelum prajurit TNI di daerah terpencil menerima gaji ke-13 tersebut. Hal itu agar pencairan THR merata.

"Pulang nanti gaji ke-14 segera diterima juga. Maka bapak (Presiden Jokowi) jangan ragukan lagi moril prajurit TNI sangat tinggi saat ini," tegas Gatot.

Sesuai ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2017 tentang Pemberian THR dalam Tahun Anggaran 2017 Kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, dan Pejabat Negara hanya diberikan kepada aparat negara yang masih aktif. Sementara pencairan gaji ke-13 bagi PNS baru akan dilaksanakan pada 5 Juli mendatang.

Berdasarkan data Ditjen Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu), realisasi pencairan anggaran gaji ke-13 dan THR di tahun lalu mencapai Rp17,9 triliun.

Realisasi tersebut untuk pencairan gaji ke-13 senilai Rp6,5 triliun, gaji pensiun ke-13 senilai Rp6,2 triliun, dan THR sebesar Rp5,2 triliun.


(MBM)

Setya Novanto Terancam Pidana Berat

Setya Novanto Terancam Pidana Berat

40 minutes Ago

Terdakwa kasus korupsi ktp-el Setya Novanto terancam pidana berat. Dalam surat dakwaan yang dib…

BERITA LAINNYA