Survei: Parpol dan DPR Paling tak Dipercaya Publik

Nur Azizah    •    Kamis, 20 Jul 2017 13:25 WIB
parpoldpr
Survei: Parpol dan DPR Paling tak Dipercaya Publik
Pemaparan hasil survei terkait tingkat korupsi di lembaga Indonesia yang digelar oleh ICW dan Polling Center--Metrotvnews.com/Nur Azizah

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota DPR RI dan kader partai yang kerap terjerumus kasus korupsi. Kasus teranyar adalah mega korupsi KTP elektronik, beberapa nama anggota DPR RI disebut-sebut terlibat.

Terseretnnya anggota DPR dan kader partai ke kasus korupsi membuat kepercayaan publik menurun. Berdasarkan hasil survei Indonesia Corruption Watch dan Polling Center menyatakan, partai politik menjadi lembaga yang paling tidak dipercaya publik.

"Tingkat kepercayaan publik hanya 35 persen saja," kata peneliti Polling Center Henny Susilowati di Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta Pusat, Kamis, 20 Juli 2017.

Baca: Penerima Aliran Dana Proyek e-KTP Diimbau Kembalikan ke KPK

Sementara perusahan swasta berada di urutan kedua paling bawah dengan 49 persen. Selain kader partai politik, pihak swasta juga banyak yang terlibat dalam kasus korupsi.

"Biasanya yang terkana adalah perusahaan yang rekanan dengan pemerintah," imbuh dia.

Sedangkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap DPR hanya mencapai 51 persen. Hasil ini dinilai wajar karena banyak anggota DPR yang terlibat kasus tersebut.

Baca: Warga Yakin Banyak Anggota DPR Terlibat Korupsi KTP-el

Berbeda dengan tiga lembaga tadi, Komisi Pemberantasan Korupsi justru mendapat tingkat kepercayaan publik paling tinggi, yakni 86 persen. Sedangkan Presiden berada di posisi kedua teratas dengan 86 persen.

"Ini wajar saja karena KPK sering menangkap korupsi kelas kakap. Sedangkan Presiden banyak memiliki program pencegahan korupsi," ujarnya.

Survei ini dilakukan dalam periode April hingga Mei 2017 dengan menggunakan metode multistage random sampling. Sampe survei sebanyak 2.235 warga yang tersebar di 34 provinsi. Margin of error sekitar 2,1 persen.


(YDH)

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

2 hours Ago

KPK optimis memenangkan gugatan praperadilan tersangka korupsi ktp-el Setya Novanto. KPK akan m…

BERITA LAINNYA