Tommy Soeharto Menepis Tudingan

Juven Martua Sitompul    •    Kamis, 05 Oct 2017 16:55 WIB
tommy soeharto
Tommy Soeharto Menepis Tudingan
Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto. Foto: Antara/Rosa Panggabean

Metrotvnews.com, Jakarta: Hutomo Mandala Putra, putra bungsu Presiden ke-2 RI Soeharto, mengklarifikasi banyaknya pemberitaan atau informasi hoax di media sosial yang mengatasnamakan dirinya. Tommy Soeharto dengan tegas membantah semua informasi tersebut.

Erwin Kallo, kuasa hukum Tommy, mengatakan, kliennya sangat resah dengan sejumlah informasi yang mengaitkan dirinya di media sosial. Bahkan, keresahan itu dialami Tommy sejak 2015.

"Sebenarnya di 2015 keresahan beliau sudah ada, kita surati Twitter dan Facebook untuk menutup akun yang mengatasnamakan beliau," kata Erwin dalam konferensi pers di Gedung Granadi, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Kamis 5 Oktober 2017.

Erwin menegaskan, semua informasi yang diunggah oleh akun Facebook atau Twitter mengatasnamakan kliennya adalah berita tidak benar atau hoax. Kepada media, dia memperlihatkan akun-akun asli milik Tommy.

"Akun palsu dan disertai juga ujaran kebencian dan berita hoax, dan kami klrarifikasi akun beliau yang asli," ujar Erwin sembari menunjukkan akun asli milik Tommy.

Kedua, lanjut Erwin, pihak Tommy juga menyesalkan adanya media-media konvensional yang mencatut pernyataan akun hoax milik kliennya buat berita. Media seharusnya mengkroscek kebenaran atas sumber tersebut.

Tak hanya itu, Tommy dan tim kuasa hukumnya juga sempat melayangkan somasi ke Wikipedia terkait beberapa informasi yang dimuat di lamannya. Salah satunya, mengaitkan nama Tommy dalam kasus Roll Royce.

"Di Wikipedia ada kasus Roll Royce padahal itu sudah dibantah dan itu sudah kita kirim somasi ke pengurus Wikipedia Indonesia walaupun mereka katakan hanya menyediakan tanpa konten tapi ada pertanggungjawaban moral," kata Erwin.
(MBM)