Dua Jaksa Senior Diutus Dampingi Siti Aisyah

Lukman Diah Sari    •    Jumat, 13 Oct 2017 21:16 WIB
pembunuhan kim jong-nam
Dua Jaksa Senior Diutus Dampingi Siti Aisyah
Paspor Siti Aisyah/Istimewa

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah terus mengawal proses hukum Siti Aisyah, TKI yang menjadi tersangka pembunuhan Kim Jong-Nam. Dua jaksa senior pun diutus mendampingi Aisyah menghadapi persidangan.

"Kita kirimkan dua jaksa senior ketika diminta oleh Kemenlu untuk mendampingi memberikan masukan kepada advokat di sana," terang Jaksa Agung M Prasetyo, di Kantor Kejaksaan Agung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat 13 Oktober 2017.

Prasetyo tak merinci identitas dua jaksa senior yang dikirim. Yang jelas, kata dia, dua jaksa senior itu bertugas memberi masukan kepada tim advokasi Siti Aisyah dalam perkara pembunuhan saudara pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un itu.

"Jadi masuk akal enggak dia, Siti Aisyah, orang yang di sana menjadi TKW dapat racun yang sulit dia dapatkan itu, dengan Kim Jong-nam juga enggak kenal dia, niatnya apa dia, apa kepentingannya dia membunuh dia, ini sedang kita minta dalami," paparnya.

Prasetyo meyakini, Siti hanya sebagai korban dan diperdaya oleh otak pelaku pembunuhan. Pasalnya, pembunuhan terhadap Kim Jong-nam disinyalir sudah dirancang seseorang. "Kenal pun dengan yang mati itu enggak dia, dan sebelumnya ada reality show yang melibatkan dan memperkerjakan Siti Aisyah," jelasnya. 

Selain itu, Prasetyo pun yakin Siti tak mengetahui soal racun yang diberikan ke korban. Ia menyebut sulit untuk bisa mendapatkan racun yang bisa mematikan seseorang. "Dari mana dia dapatkan itu," kata mantan Jaksa Agung Muda Pidana Umum itu.





(AGA)