Lisensi AFC untuk Klub Indonesia

Lisensi AFC, Tiga dari Lima Klub Masih Harus Lengkapi Persyaratan

Krisna Octavianus    •    Jumat, 27 Oct 2017 17:24 WIB
liga 1 indonesia 2017
Lisensi AFC, Tiga dari Lima Klub Masih Harus Lengkapi Persyaratan
Ilustrasi: Rakhmat Riyandi (Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lima klub Liga 1 Indonesia sudah mendapatkan lisensi profesional AFC setelah melewati proses yang panjang. Akan tetapi, tiga klub di antaranya mendapatkan lisensi dengan beberapa catatan dari AFC.

Lima klub yang sudah mendapatkan lisensi dari AFC adalah Arema FC, Persib Bandung, Madura United, Bali United, dan Persija. Lisensi menjadi penting karena digunakan setiap klub untuk mulus mengikuti ajang klub di Asia.

Sebelumnya, AFC telah memberikan jatah tiga klub Indonesia. Juara Liga 1 akan menuju play-off Liga Champions Asia, peringkat kedua lolos langsung ke putaran final AFC Cup, sementara posisi ketiga mengikuti play-off AFC Cup musim depan.

Terbaru, PSSI melalui Komite Lisensi telah memutuskan Arema dan Persib Bandung telah mengantongi lisensi AFC. Sementara itu, beredar kabar Persija Jakarta, Madura United dan Bali United masih bermasalah lisensi AFC yang mereka dapatkan. 
 

Baca: Bali United Klaim Telah Mengantongi Lisensi AFC


Direktur Lisensi PSSI, Tigorshalom Boboy, menuturkan meski ketiga klub itu sudah mengajukan persyaratan untuk memenuhi kriteria yang diminta, tetapi belum sepenuhnya memenuhi kriteria yang diminta. 

"Bali United, Madura United, dan Persija Jakarta sudah diberikan lisensi, tapi mereka harus melengkapi item-itemnya. Kalau dalam tiga bulan itu mereka tidak bisa memenuhi, maka ada kemungkinan lisensinya bisa kami cabut," ujar Tigor ketika dihubungi wartawan, Jumat (27/10/2017). 

"Yang belum terpenuhi, rata-rata ada di kriteria B. Ada kewajiban untuk memenuhi, kalau tidak memenuhi, sanksi terberatnya maka lisensi akan dicabut dan yang masuk kriteria B, ada delapan item yang harus dipenuhi," lanjutnya.

"Kalau melihat dari berkasnya ada infrastruktur dan finansial yang masih belum dipenuhi dan apa saja detailnya, mohon maaf, tidak bisa kami sampaikan. Tetapi untuk supporting, ketiganya sudah memenuhi syarat," sambung Tigor menjelaskan. 
 

Baca juga: Tak Lolos Verifikasi AFC, PSM Terancam Gagal Wakili Indonesia di Pentas Asia


Nasib berbeda justru dialami oleh 13 klub Liga 1 lainnya. Tigor menyebut berdasarkan putusan sidang Komite Lisensi pada Kamis 26 Oktober, dari 13 klub tersebut dinyatakan gagal lolos verifikasi dan tak mendapatkan Lisensi AFC. 

"Ya, mereka tidak memenuhi syarat untuk dapat lisensi karena dari kriteria A saja tidak terpenuhi oleh mereka. Kriteria A itu seperti yang sudah kami sampaikan ada aspek suporting, personel dan financial yang terdiri dari 33 item," katanya.

"Salah satu contohnya dari aspek personil, seperti: klub itu harus punya head coach dengan minimal akreditasi A AFC, lalu asisten pelatih dengan minimal akreditasi B AFC," pungkas Tigor.

Video: ?Aksi Solo Run Terens Puhiri Curi Perhatian Dunia
 


(ACF)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

1 hour Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA