Kemendagri Bakal Pelototi TGUPP Anies-Sandi

M Sholahadhin Azhar    •    Kamis, 23 Nov 2017 10:50 WIB
pemprov dkiapbd dki 2018
Kemendagri Bakal Pelototi TGUPP Anies-Sandi
Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Sumarsono. Foto: MI/Panca Syurkani

Jakarta: Kementerian Dalam Negeri tak akan tinggal diam atas kejanggalan Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI Jakarta. Tim ahli Anies-Sandi ini disebut berjumlah 74 orang.

Padahal, menurut Peraturan Gubernur (Pergub) No 411 tentang TGUPP, maksimal anggota TGUPP 15 orang. Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Sumarsono, mengatakan akan mengevaluasi persoalan ini jika di tengah jalan ditemukan pelanggaran.

"Kita enggak akan beri sanksi (jika ada pelanggaran), kecuali nanti ada evaluasi APBD (DKI)," kata Sumarsono, di Jakarta, Kamis, 23 November 2017.

Mantan pelaksana tugas Gubernur DKI ini mengatakan belum ada laporan terkait APBD 2018 DKI. Namun, dipastikan medio Desember anggaran daerah bakal dirumuskan dan ditetapkan.

"Sebelum disahkan, Kemendagri akan mengevaluasi, termasuk soal TGUPP ini," kata dia.

Ada beberapa hal yang menjadi catatan Sumarsono terkait tim ahli ini. Pertama, soal banyaknya anggota yang direkrut. Kedua, dampak lanjutan dari tugas-tugas TGUPP terhadap komponen Pemprov DKI.

"Pertimbangan-pertimbangan itu akan menentukan besaran alokasi APBD untuk tim ahli. Jika tak sesuai, besar kemungkinan dana dipangkas atau disesuaikan," katanya.

Deputi Sekjen Fitra Apung Widadi menyatakan keberadaan TGUPP era Anies-Sandi tumpang tindih. Sebab, tugas tim ini hampir mirip dengan staf maupun deputi gubernur yang fungsinya memberikan input dan masukan kepada Pemprov.

Baca: Pemprov DKI Nilai Anggaran TGUPP Masih Wajar

Pemprov DKI menganggarkan dana untuk TGUPP Rp28,3 triliun. Sebelumnya, dana untuk tim ini diajukan hanya Rp2,3 triliun.

Kepala Biro Kepegawaian Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta Agus Suradika menilai naiknya anggaran TGUPP masih dalam batas wajar. Lagi pula, kata dia, anggaran TGUPP tak membebani postur APBD DKI 2018.




(UWA)

Aziz Pastikan Langkahnya Gantikan Novanto di DPR

Aziz Pastikan Langkahnya Gantikan Novanto di DPR

17 minutes Ago

Aziz mengungkapkan tidak ada satupun pasal di UU MD3 dan Tata tertib DPR RI yang mewajibkan leg…

BERITA LAINNYA