UAI Komitmen Lahirkan Aktor Perubahan

Anggi Tondi Martaon    •    Sabtu, 10 Feb 2018 11:50 WIB
beasiswa osc
UAI Komitmen Lahirkan Aktor Perubahan
Rektor UAI Asep Saefuddin. Foto: Medcom.id/Anggi Tondi Martaon

Jakarta: Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) meluluskan 287 mahasiswa dalam acara wisuda ke-XVIII, Sabtu, 10 Februari 2018. Dalam kesempatan ini, Rektor UAI Asep Saefuddin menegaskan peran UAI ke depan dalam menghadapi era disrupsi.

Asep mengingatkan agar para civitas akademika terbuka dengan perubahan zaman. "Kita harus siap dengan paradigma baru di era disrupsi," kata Asep di Jakarta.

Untuk menghadapi perubahan zaman, Asep meminta seluruh seluruh elemen masyarakat, khususnya para lulusan dan mahasiswa UAI, menjadi aktor perubahan.

"Para lulusan dan mereka yang sedang belajar di UAI, kalian harus menjadi driver perubahan, bukan sekedar pengikut," ujar Asep yang menjadi Rektor UAI sejak 9 Oktober 2017.

Asep mengakui, bahwa disrupsi yang terjadi pada saat ini masuk ke berbagai aspek kehidupan. Oleh karenanya, dia meminta agar para lulusan dan mahasiswa UAI terus mengembangkan kemampuam diri agar bermanfaat bagi nusa dan bangsa Indonesia.

"Kita dituntut untuk terus kreatif, inovatif, terbuka, tidak bosan untuk belajar, dan memperkuat keterampilan," sebut dia.

Sebagi lembaga pendidikan, Asep menyebutkan bahwa UAI juga berkewajiban mendidik generasi muda menjadi pembelajar yang tekun, cepat tanggap, dan biasa bekerja sama. Dengan demikian, para lulusan UAI siap menghadapi disrupsi.

"Kami akan memadukan pembelajaran konvensional dengan online atau disebut blended (hybrid) learning," ujar dia.

Wisuda mahasiswa UAI kali ini terasa sangat spesial karena kehadiran Direktur Unesco Regional Asia Pasifik Shahbas Khan. Ia menyampaikan orasi ilmiah tentang Peranan Islam, Ilmu Pengetahuan, dan Kewirausahaam dalam Peradaban Kita.

UAI juga memperkenalkan lulusan terbaik wisuda ke-XVIII, yaitu Hafizh Al Ghifary. Mahasiswa angkatan 2012 itu meraih IPK 3,72 dengan prediket cumlaude.

Dalam kesempatam itu, UAI juga untuk pertama kali memberikan UAI Alumni Award 2018. Peraihnya, yaitu Senja Lazuardi (UAI Alumni Award on Startup Enterpreuner), Sheila Purnama Bulan (UAI Alumni Award on Artpreneur).

Penghargaan tersebut diberikan kepada alumni yang dianggap berdedikasi dan berkontribusi bagi masyarakat. Mereka diharapkan bisa menginspirasi para wisudawan dan wisudawati dalam menghasilkan karya yang berguna bagi masyarakat.

Wisuda ke-XVIII UAI dihadiri Dewan Pengawas YPU Al Azhar Jimly Asshiddiqie, Ketua Yayasan Pesantren Al Azhar Sobirin HS, Menteri Riset Tekhnologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir.


(TRK)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA