BPJS Kesehatan Buka 8 Posko Mudik Lebaran

Syaikhul Hadi    •    Sabtu, 09 Jun 2018 11:49 WIB
Mudik Lebaran 2018
BPJS Kesehatan Buka 8 Posko Mudik Lebaran
BPJS Kesehatan saat membuka posko mudik di Terminal Purabaya (Bungurasih) Surabaya, Sabtu, 9 Juni 2018.

Sidoarjo: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membuka posko mudik jelang arus mudik Lebaran 2018. Posko mudik dibuka di delapan titik di Indonesia yang dimulai hari ini, Sabtu, 9 Juni hingga Kamis, 14 Juni 2018. 

Kedelapan titik posko Mudik BPJS Kesehatan 2018 itu ada di Terminal Pulo Gebang (Jakarta), Terminal Purabaya (Surabaya), Terminal Tirtonadi (Surakarta), Stasiun Yogyakarta, Rest Area Cikampek KM 57, Pelabuhan Merak (Banten), Pelabuhan Gilimanuk (Bali), dan Pelabuhan Soekarno Hatta (Makassar). 

Direktur keuangan dan investasi BPJS kesehatan Pusat, Kemal Imam Santoso mengungkapkan posko mudik ini sengaja didirikan sebagai bentuk kepedulian dan wujud pengabdian BPJS Kesehatan kepada masyarakat yang melakukan tradisi mudik lebaran. 

"Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, antusiasme kehadiran  pemudik di posko mudik BPJS sangat tinggi. Kita selalu berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di titik padat pemudik," kata Kemal saat meresmikan Posko Mudik BPJS Kesehatan di Terminal Purabaya (Bungurasih) Surabaya, Sabtu, 9 Juni 2018. 

Pemudik, lanjutnya, tak perlu sungkan dalam memanfaatkan keberadaan posko Mudik BPJS Kesehatan 2018. Pasalnya, Seluruh fasilitas dan pelayanan di posko ini bisa diperoleh secara gratis. 

"Disini, juga ada dokter, paramedis, ambulans, dan petugas BPJS yang siap melayani pemudik yang membutuhkan konsultasi kesehatan, fasilitas relaksasi, atau hanya sekedar istirahat. Selain itu, pemeriksaan kesehatan sederhana, obat-obatan, dan pemberian rujukan bilamana sangat diperlukan, serta sosialisasi kepada masyarakat," jelasnya. 

Posko mudik ini, akan beroperasi selama 24 jam yang mana terdapat dua tim yang bertugas secara bergantian. Masing-masing tim di antaranya, satu petugas BPJS, dokter, dan dua paramedis yang berasal dari puskesmas. Dan ambulans pun sudah disediakan untuk berjaga-jaga apabila pemudik mengalami kondisi gawat.

Sementara, Kepala UPT Terminal Purabaya, Dinas Perhubungan Surabaya, Indra mengaku senang dengan posko mudik BPJS Kesehatan. Hal ini sangat membantu terhadap masyarakat yang sedang mudik lebaran. 

"Apalagi sekarang ini sudah ada aplikasinya. Tentunya lebih memudahkan masyarakat dalam memanfaatkan BPJS kesehatan. Ini sangat membantu sekali," kata Indra. 

Ia mengakui, ada peningkatan jumlah disaat mudik lebaran kali ini. Jika hari hari biasa mencapai 29 ribu perhari, saat ini bisa mencapai 40 ribu penumpang perhari. 

"H-7 kemarin ada peningkatan 22 persen dibandingkan H-7 tahun lalu.  Meski pagi tadi masih sepi, Alhamdulillah mulai siang hari sudah dipadati penumpang," singkatnya. 



(ALB)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA