NEWSTICKER

NEWS

Kecelakaan Maut Bus Pariwisata Tasikmalaya, Polisi: Diduga Sopir Mengantuk

Kecelakaan Maut Bus Pariwisata Tasikmalaya, Polisi: Diduga Sopir Mengantuk

kecelakaan lalu lintas

Bus Pariwisata yang melaju dari Jatinangor ke pangandaran jatuh ke jurang sedalam 20 meter di Kampung Cireundeu, Desa Manggungsari, Kecamatan Rajapolah, Tasikmalaya pada Sabtu (25/6/2022) sekitar pukul 01.00 WIB. Dalam kecelakaan tersebut menyebabkan 3 orang tewas dan 47 orang luka-luka. 

Korban yang tewas kini sudah berada di RSUD dr. Soekardjo, sementara korban luka dibawa ke Puskesmas Rajapolah dan satu puskesmas lain. Dari ketiga korban yang tewas dapat dipastikan bahwa ketiganya merupakan orang dewasa yang berusia 59 tahun dan 64 tahun, sedangkan satu korban belum teridentifikasi karena tidak ditemukan kartu identitas. 

Petugas menyimpulkan bahwa kejadian ini merupakan kejadian kecelakaan tunggal yang diduga sopir mengantuk sehingga bus masuk ke jurang. Lokasi kecelakaan tersebut merupakan lokasi yang rawan kecelakaan. Berdasarkan informasi dari korban yang selamat, para korban merupakan anak-anak dari SD Sayang di Jatinangor yang bertujuan untuk karyawisata ke Pangandaran. Mereka berangkat sekitar jam 11 malam dari Jatinangor. Para korban tidak mengetahui bagaimana kejadian bus tersebut hingga masuk di dalam jurang. 

Sementara itu, jalur Tasikmalaya menuju Bandung ditutup untuk sementara untuk memudahkan proses evakuasi bus yang berada di dasar jurang. Terkait jalur Tasikmalaya menuju Bandung yang saat ini ditutup dan dialihkan melalui jalur Cisayong atau jalur Singaperna sebagai jalur alternatif.

Kementerian Agama: Gelang Identitas Jemaah Haji Wajib Dipakai!

Kementerian Agama: Gelang Identitas Jemaah Haji Wajib Dipakai!

Kementerian Agama mengimbau jemaah haji Indonesia tetap memakai gelang identitas dan jangan sampai tertukar. Gelang identitas dibuat untuk memuat sejumlah informasi penting terkait jemaah. Kementerian Agama berpesan gelang identitas dipakai dengan benar, mulai sejak dibagikan sampai kembali ke rumah domisili masing-masing di Tanah Air. Gelang ini harus dipakai dan tidak boleh disimpan. 

Gelang identitas terbukti sangat memudahkan berbagai pihak untuk mengidentifikasi jemaah ketika terpisah. Untuk tahun ini, gelang identitas haji memuat enam kolom informasi, yaitu berisi keterangan nama jemaah, asal embarkasi dan tahun keberangkatan, nomor kloter, nomor paspor, tulisan jemaah haji Indonesia dengan bahasa Arab dan kolom terakhir adalah bendera Indonesia.

Pasar Kaget Ramaikan Ibadah Haji di Mekkah

Pasar Kaget Ramaikan Ibadah Haji di Mekkah

Kehadiran jemaah asal Indonesia ke Tanah Suci turut membawa rezeki bagi pedagang pasar kaget. Para pedagang yang menjajakan dagangannya di depan hotel jemaah ini menjual berbagai kebutuhan jemaah Indonesia. Banyak  jemaah yang ada di Tanah Suci yang dibaca peluang para pedagang untuk mendapatkan berbagai keuntungan. 

Mereka menjual berbagai jenis dagangan, mulai dari makanan, pakaian hingga berbagai pernak-pernik. Makanan yang dijual seperti cita rasa Indonesia, yaitu nasi uduk, nasi goreng, bubur kacang ijo bahkan hingga bakso. Pasar kaget ini terjadi hanya beberapa hari setelah jemaah tiba di penginapan masing-masing. Pasar ini beroperasi dari subuh hingga sebelum pukul 8 pagi waktu Arab Saudi.

Cegah PMK, Izin Penjualan Hewan Kurban di Surabaya Diperketat

Cegah PMK, Izin Penjualan Hewan Kurban di Surabaya Diperketat

Di tengah merebaknya wabah PMK, Pemprov Jawa Timur menjamin ketersediaan hewan kurban di Jatim aman. Pemprov masih mengupayakan penambahan vaksin, mengingat seribu dosis vaksin telah habis. 

Selain itu, Pemprov Jatim memperketat proses penjualan hewan kurban. Mereka harus mendapatkan izin dari pihak kecamatan, lalu kemudian dilakukan pengecekan kesehatan untuk hewan yang akan dijual. Pemerintah kemudian meminta surat keterangan kesehatan hewan (SKKH).  Penyesuaian hewan kurban juga dilakukan, mengingat biaya yang dikeluarkan oleh pedagang untuk merawat ternak. 

449 Calon Haji Kloter 1 Embarkasi Palembang Diberangkatkan ke Tanah Suci

449 Calon Haji Kloter 1 Embarkasi Palembang Diberangkatkan ke Tanah Suci

Jemaah calon haji kloter pertama dari Embarkasi Palembang dan jemaah calon haji kloter  31 Embarkasi Solo telah diberangkatkan menuju Jeddah, Arab Saudi pada Sabtu (25/6/2022) pagi. 449 calon haji kloter pertama embarkasi Palembang melakukan boarding pada pukul 5 pagi di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang.  Jemaah calon haji kloter satu ini berasal dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur yang terdiri dari 208 pria dan 241  wanita. Seluruh jemaah juga sudah menyelesaikan proses administrasi kesehatan sebagai syarat melakukan perjalanan udara, seperti vaksin dan tes PCR. 

Sementara itu, hingga hari ke-20 penyelenggaraan ibadah haji, PPIH Embarkasi Solo telah memberangkatkan sebanyak 11.135 calon haji. Sebanyak 360 calon haji kloter 31 diberangkatkan dari Asrama Haji Donohudan, Jawa Tengah pada Sabtu (25/6/2022) pukul 01:30 WIB. Para jemaah calon haji yang berasal dari Brebes dan Banjarnegara ini, baru tiba di Asrama Haji Donohudan pada Jumat (24/6/2022) pagi pukul 08:00 WIB.

Kecelakaan Bus Pariwisata Tasikmalaya, Dinkes Sumedang Kerahkan 16 Mobil Ambulans

Kecelakaan Bus Pariwisata Tasikmalaya, Dinkes Sumedang Kerahkan 16 Mobil Ambulans

kecelakaan lalu lintas

Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat mengerahkan 16 mobil ambulans untuk membawa korban kecelakaan di Rajapolah, Tasikmalaya, Jawa Barat. Kepala Bidang STK Dinkes Sumedang Surdi Surgiana langsung menuju lokasi kecelakaan setelah mendengar informasi terkait adanya kecelakaan bus pariwisata yang membawa rombongan guru SDN Sayang Kecamatan Jatinagor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Pihaknya mengerahkan 16 mobil ambulans untuk membantu evakuasi korban. Jika jumlah mobil ambulans tidak cukup, maka Dinkes Sumedang akan menambah mobil ambulans yang tersebar di puskesmas yang ada di Kabupaten Sumedang. 

FIFA Umumkan Jadwal Piala Dunia U20, Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah

FIFA Umumkan Jadwal Piala Dunia U20, Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) sudah menentukan tanggal gelaran piala dunia U-20 2023 dan Indonesia terus bersiap menjadi tuan rumah piala dunia U-20. Sempat mengalami penundaan, akhirnya FIFA sudah memutuskan untuk menggelar piala dunia U-20 dan akan dimulai pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Indonesia menjadi negara Asia Tenggara kedua yang menjadi tuan rumah piala dunia setelah Malaysia pada tahun 1997. Sebagai tuan rumah, Indonesia sudah mempersiapkan enam venue untuk menyambut kontestan piala dunia, yang pertama yaitu stadion Gelora Bung Karno, Stadion Jakabarring, stadion Si Jalak Harupat, stadion Manahan Solo, stadion Gelora Bung Tomo, dan stadion I Wayan Dipta.

Jalur Penghubung Lumajang-Malang Terganggu Akibat Longsor

Jalur Penghubung Lumajang-Malang Terganggu Akibat Longsor

longsor

Dampak hujan lebat, tebing setinggi lebih 10 meter di jalur Perbukitan Piket Lumajang, Jawa Timur longsor. Titik longsor selama sepekan terakhir mencapai empat titik, dan akibatnya jalur alternatif di jembatan gantung penghubung Lumajang - Malang terganggu.

Sebelumnya jalur lintas selatan secara resmi dibuka pemerintah setempat, setelah jembatan gantung Gladak Perak selesai dikerjakan. Namun, yang diperbolehkan melintas hanya kendaraan roda dua, sementara kendaraan roda empat belum bisa melintas karena jembatan permanen masih dalam pengerjaan, setelah ambruk akibat erupsi Gunung Semeru.

Banjir Rob Pekalongan Tak Kunjung Surut, Pengungsi Bertambah Jadi 21 Kepala Keluarga

Banjir Rob Pekalongan Tak Kunjung Surut, Pengungsi Bertambah Jadi 21 Kepala Keluarga

Pengungsi akibat banjir rob di kota Pekalongan, Jawa Tengah terus bertambah karena ketinggian air yang tidak kunjung surut. Hingga Sabtu (25/6/2022) pagi, jumlah pengungsi tercatat 21 kepala keluarga atau sekitar 54 jiwa bertambah dari hari sebelumnya yang tercatat 10 keluarga atau 28 jiwa. 

Pengungsi yang menempati Eks Kantor Kelurahan Kraton Kidul berasal dari warga Kelurahan Pasirkratonkramat yang merupakan lokasi terparah dampak banjir rob dengan ketinggian air mencapai 60 sentimeter. Menurut salah seorang warga, dirinya mengungsi karena kesulitan saat beraktivitas. 

Kondisi banjir rob sendiri sudah terjadi sejak dua hari lalu. Ketinggian air tidak mengalami penyusutan yang signifikan, bahkan terus bertambah bila gelombang pasang kembali datang.

Ogoh-ogoh dan Kerajinan Bali Yang Mendunia (3)

Ogoh-ogoh dan Kerajinan Bali Yang Mendunia (3)

Pulau Dewata Bali sudah sejak dulu menjadi wadah bagi para seniman untuk melahirkan karya seni. Seni patung telah menjadi tradisi masyarakat Bali sebagai bagian dari fungsi dan ciri khas pulau yang mayoritas memeluk agama Hindu dan Buddha. Salah satunya adalah Ogoh-ogoh, yaitu seni patung tradisional yang otentik, dibuat menjelang Hari Nyepi, dan diarak beramai-ramai keliling desa.

Bus Pariwisata Terjun ke Jurang di Tasikmalaya, Tiga Orang Tewas

Bus Pariwisata Terjun ke Jurang di Tasikmalaya, Tiga Orang Tewas

Bus Pariwisata yang melaju dari Jatinangor-Pangandaran jatuh ke jurang sedalam 20 meter di Kampung Cireundeu, Desa Manggungsari, Kecamatan Rajapolah, Tasikmalaya pada Sabtu (25/6/2022) sekitar pukul 01.00 WIB.

Kejadian tersebut menyebabkan tiga orang tewas dan 47 orang luka-luka. Korban yang tewas kini sudah berada di RSUD dr. Soekardjo, sementara korban luka dibawa ke Puskesmas Rajapolah dan satu puskesmas lain.

Penumpang bus tersebut terdiri dari siswa SD di Jatinagor. Mereka bertujuan untuk berwisata bersama keluarga dan guru. Bus tersebut kini masih berada di dalam jurang untuk proses evakuasi. 

Ogoh-ogoh dan Kerajinan Bali Yang Mendunia (2)

Ogoh-ogoh dan Kerajinan Bali Yang Mendunia (2)

Pulau Dewata Bali sudah sejak dulu menjadi wadah bagi para seniman untuk melahirkan karya seni. Seni patung telah menjadi tradisi masyarakat Bali sebagai bagian dari fungsi dan ciri khas pulau yang mayoritas memeluk agama Hindu dan Buddha. Salah satunya adalah Ogoh-ogoh, yaitu seni patung tradisional yang otentik, dibuat menjelang Hari Nyepi, dan diarak beramai-ramai keliling desa.

Ogoh-ogoh dan Kerajinan Bali Yang Mendunia (1)

Ogoh-ogoh dan Kerajinan Bali Yang Mendunia (1)

Pulau Dewata Bali sudah sejak dulu menjadi wadah bagi para seniman untuk melahirkan karya seni. Seni patung telah menjadi tradisi masyarakat Bali sebagai bagian dari fungsi dan ciri khas pulau yang mayoritas memeluk agama Hindu dan Buddha. Salah satunya adalah Ogoh-ogoh, yaitu seni patung tradisional yang otentik, dibuat menjelang Hari Nyepi, dan diarak beramai-ramai keliling desa.

Foo Fighters Umumkan Daftar Artis yang Tampil di Konser: Tribute untuk Taylor Hawkins

Foo Fighters Umumkan Daftar Artis yang Tampil di Konser: Tribute untuk Taylor Hawkins

Band rock asal Amerika Serikat Foo Fighters telah mengumumkan daftar penampil yang akan mengisi Konser: Tribute for Taylor Hawkins, mendiang drumer band tersebut. Ada sembilan nama line-up yang tampil di dua negara seperti Stewart Copeland, Brian May, Roger Taylor, dan Wolfgang Van Halen.

Konser Tribute for Taylor Hawkins akan digelar pada 3 September mendatang di Wembley Stadium, London, dan pada 27 September yang akan berlangsung di KIA Forum, Los Angeles, Amerika Serikat. Foo Fighters telah mengumumkan bahwa tiket konser telah dijual mulai 17 Juni waktu setempat. Sebagian hasil dari penjualan tiket akan disumbangkan pada badan amal yang dipilih oleh keluarga Hawkins. 

Drama Musikal Sherina 2 Kembali Hadir di Teater Taman Ismail Marzuki

Drama Musikal Sherina 2 Kembali Hadir di Teater Taman Ismail Marzuki

Sebuah teater musikal dari Jakarta Movin akan kembali menghibur para penikmat seni pertunjukan. Drama musikal yang bertajuk Musikal Petualangan Sherina 2 tengah dipersiapkan oleh Jakarta Movin saat ini. Pertunjukan drama musikal tersebut akan berlangsung pada tanggal 1-3 Juli mendatang di teater Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Drama musikal yang diadaptasi dari film Petualangan Sherina pada tahun 2000 tersebut akan menghadirkan anak-anak berbakat hingga musisi tanah air seperti Reza Chandika dan Isyana Sarasvati. Drama musikal Petualangan Sherina 2 sudah banyak dinantikan karena sempat tertunda selama dua tahun.

Lahirkan Banyak Musisi Besar, Jan Djuhana Rilis Buku Di Balik Bintang

Lahirkan Banyak Musisi Besar, Jan Djuhana Rilis Buku Di Balik Bintang

Jan Djuhana atau yang dikenal dengan sebutan Pak Jan menjadi sosok penting penting dalam industri musik tanah air. Jan Djuhana berhasil melahirkan musisi besar tanah air seperti Dewa 19, Kla Project, Padi, Sheila on 7, Coklat, Gigi hingga /rif. Jan Djuhana merupakan orang dibalik kesuksesan Sony Music Indonesia.

Jan Djuhana merilis sebuah buku biografi bertajuk "Di Balik Bintang". Buku tersebut menceritakan tentang pengalaman dan perjalanan Jan Djuhana di industri musik Indonesia. Proses pembuatan buku tersebut membutuhkan waktu sekitar tiga tahun. 

Buku "Di Balik Bintang" ini menceritakan Jan Djuhana di dunia bisnis musik Indonesia tentang bagaimana Jan Djuhana bekerja sama dengan artis-artis yang awalnya tidak dikenal oleh masyarakat kemudian bisa terkenal.